• Warga Urus Akte Kelahiran Saat Gotong Royong

    0

    akte-kelahiranPALEMBANG, jurnalsumatra.com – Pelayanan  kependudukan menjadi salah satu diantara pelayanan yang cukup membantu masyarakat saat kegiatan gotong royong Yang rutin digelar oleh  Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang saat hari libur,

    Seperti yang terpantau hari ini, Ahad (6/11), sejak pagi pelayanan ekstra yang diberikan Pemkot Palembang, menjadi sesuatu yang cukup, pelayanan pembuatan akte kelahiran dan informasi terkait kependudukan yang diberikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di jalan Kembang Dadar Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat (IB) I Palembang.

    Kepala Disdukcapil Kota Palembang, Ali Subri kepada Rakyat Mengatakan, antusias masyarakat terhadap pelayanan ekstra pada Minggu pagi di lokasi gotong royong yang dipimpin Walikota, benar-benar dimanfaatkan masyarakat.

    Seperti yang terjadi hari ini, dimana beberapa dari masyarakat merasa terbantu dengan adanya pelayanan yang diberikan Disdukcapil dan beberapa pelayanan lain.

    “Pelayanan saat gotong royong ini, sebagaimana dilakukan Pemkot Palembang setiap Minggu, khusus kami dari Disdukcapil menyediakan pelayanan akta kelahiran, akta kematian, dan terkait proses perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) secara langsung,”katanya.

    Lebih lanjut diterangkan Ali, pasca ditetapkannya Undang-undang (UU) nomor 24 tahun 2013, sebagaimana perubahan UU nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, wajib bagi masyarakat untuk melakukan perekaman pendataan.

    Artinya masyarakat wajib melakukam pelaporan kelahiran, pelaporan kematian, pengesahan anak, akta kelahiran dan juga masa berlaku KTP-el.

    “Jadi, bagi masyarakat yang belum memiliki akta kelahiran atau melakukan perekaman KTP-el khusus bagi masyarakat Kota Palembang, dapat memanfaatkan pelayanan yang dilaksanakan setiap Minggu pagi. Bahkan, kami siap melaukan penerbitan akte kelahiran bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan pelayanan saat kegiatan gotomg royong,” ulasnya.

    Ali mengungkapkan, pelayanan ekstra yang dilaksanakan setiap Minggu pagi saat kegiatan gotong royong yang dipimpin oleh Walikota dan Wakil Walikota sudah berjalan lebih dari empat bulan.

    Artinya, kegiatan ini benar-benar dapat membantu masyarakat sekitar lokasi gotong royong yang dilaksanakan.

    Hal itu terlihat dari jumlah masyarakat yang ingin melakukan pengurusan terkait pelayanan kependudukan dan catatan sipil mulai berkurang.

    “Artinya, saat ini melalui kegiatan yang dilaksanakan, warga Kota Palembang sudah melaksanakan kewajibannya terkait pencatatan sipil,” tandasnya.

    Pada kegiatan gotong royong yang dilaksanakan hari ini, Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda memimpin langsung kegiatan gotong royong.(eka)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com