• iklan 3


  • Warga Musi Banyuasin Diminta Tingkatkan Kesiapsiagaan Banjir

    0

         Musi Banyuasin, Sumsel, jurnalsumatra.com – Warga Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan diminta meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi banjir yang mulai dialami sejumlah desa di kabupaten ini berkemungkinan masih akan meluas.
    “Warga terutama yang tinggal di desa dalam wilayah kecamatan rawan bencana banjir seperti Kecamatan Sanga Desa dan Lais tiga hari terakhir mulai mengalami banjir, sehingga diimbau meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan agar bisa menghindari kerugian harta benda dan korban jiwa,” kata Sekda Musi Banyuasin Sohan Majid, di Sekayu, Senin.
    Dia menjelaskan, curah hujan tinggi pada November 2016 ini perlu diwaspadai karena sungai di sekitar Bumi Serasan Sekate itu sewaktu-waktu bisa meluap dan menggenangi jalan akses desa, kawasan permukiman penduduk, dan kebun/sawah setempat.
    Apalagi kondisi cuaca diprakirakan BMKG Sumsel akan terus terjadi peningkatan intensitas curah hujan di Kabupaten Musi Banyuasin, sehingga pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang berada di desa rawan banjir untuk lebih waspada dan diminta kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Sosial untuk bersiaga dan menyiapkan bantuan bagi korban bencana alam.

         Berkaitan banjir yang melanda Kecamatan Sanga Desa dan Lais, pihaknya telah menurunkan petugas Dinas Sosial dan BPBD kabupaten untuk memberikan bantuan serta Gubernur Sumsel Alex Noerdin juga telah turun ke lokasi bencana pada Sabtu (26/11) dan memberikan bantuan 15 ton beras, katanya lagi.
    Menurut dia, dengan kesiapsiagaan masyarakat dan dukungan SKPD terkait, bencana banjir yang melanda masyarakat daerah ini bisa ditangani dengan cepat dan bantuan kepada  masyarakat yang tertimpa bencana akan tepat sasaran.
    Bantuan bencana yang disiapkan dan sewaktu-waktu bisa segera didistribusikan kepada masyarakat itu, di antaranya berupa beras, mi instan, selimut, obat-obatan dan bantuan lainnya yang biasanya diperlukan masyarakat di lokasi bencana.
    Diharpakan dengan peningkatan kesiapsiagaan masyarakat dan jajaran Pemkab Musi Banyuasin serta dukungan Pemprov Sumsel, dapat mengurangi beban masyarakat jika terjadi bencana dampak negatif musim hujan serta dapat dihindari timbul permasalahan sosial, ujar Sekdakab Musi Bayuasin itu pula.(anjas)

  • iklan 3




  • Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com