• Ratusan Rumah Di Cilacap Terendam Banjir      

    0

    Cilacap, jurnalsumatra.com – Ratusan rumah di Desa Sidareja dan Gunungreja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, terendam banjir, kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Tri Komara Sidhy.
    “Hujan lebat yang terjadi sejak Rabu (23/11) mengakibatkan air Sungai Cibereum dan Cikalong meluap sehingga menggenangi rumah-rumah warga di Desa Sidareja dan Gunungreja, mulai tadi pagi, sekitar pukul 04.00 WIB,” katanya didampingi Kepala Unit Pelaksana Teknis BPBD Wilayah Sidareja Agus Sudaryanto di Cilacap, Kamis.
    Ia mengatakan berdasarkan pantauan, banjir di Desa Gunungreja merendam sekitar 160 rumah di lingkungan RT 01 dan 02 RW 01 dengan tinggi genangan di pekarangan berkisar 80-110 centimeter, halaman berkisar 50-90 centimeter, dan di dalam rumah berkisar 30-50 centimeter.
    Sementara di Desa Sidareja, kata dia, banjir merendam sekitar 400 rumah di RT 01, 02, dan 04 RW 04 dengan tinggi genangan air di pekarangan berkisar 80-100 centimeter, halaman berkisar 50-80 centimeter, dan di dalam rumah berkisar 20-40 centimeter.
    Dia memperkirakan tinggi genangan air akan terus bertambah karena masih banyak air yang tergenang di area persawahan wilayah atas.
    Oleh karena

    itu, lanjut dia, pihak terus memantau perkembangan ketinggian genangan air di pemukiman maupun sungai.
    Kendati tinggi genangan air cenderung bertambah, dia mengatakan hingga saat ini belum ada warga yang mengungsi.
    “Kami telah menyiapkan sejumlah titik pengungsian sehingga siap digunakan jika sewaktu-waktu ada warga yang mengungsi,” katanya.
    Selain banjir, kata Tri Komara, hujan lebat yang terjadi pada hari Rabu (23/11) juga mengakibatkan tanah longsor di Dusun Cimanggu RT 02 RW 03, Desa Cisuru, Kecamatan Cipari, yang mengenai rumah milik Rustoyo (34) dan Supinah (78).
    Dalam hal ini, lanjut dia, rumah Rustoyo mengalami kerusakan pada bagian dapur, sedangkan rumah Supinah mengalami kerusakan pada dua kamar.
    “Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Saat ini, penghuni rumah telah mengungsi,” katanya. (anjas)

  • iklan 3




  • Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com