• PEMKOT Palembang Target Bangun Tiga Kolam Retensi

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Palembang menargetkan pembangunan tiga kolam retensi pada 2015 untuk mengurangi banjir di lokasi padat penduduk yang kerap terjadi saat musim hujan.
    Kepala Dinas Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pengelolaan Sumber Daya Air Kota Palembang, Darma Budhy di Palembang, Kamis mengatakan, tiga lokasi kolam rentensi itu yakni di Jalan Tanjung Sari, Citra Grand City, dan Jalan Yasin Saman.
    “Tiga lokasi diprioritaskan karena adanya lahan untuk dijadikan kolam retensi,” kata dia.
    Ia mengemukakan, Pemkot Palembang pada awalnya menargetkan pembangunan enam kolam retensi tapi target itu terpaksa direvisi karena terjadi difisit anggaran pada tahun ini. Sementara, ia melanjutkan, dibutuhkan dana yang relatif besar untuk pembebasan lahan.
    “Saat ini proses pembebasan lahan sedang berlangsung, dan mudah-mudahan proyek rampung pada akhir tahun,” kata dia.
    Ia menambahkan, selain membangun kolam retensi, Pemkot Palembang juga telah menormalisasi saluran air (drainase) di Jalan Sudirman untuk mengurangi titik banjir di pusat kota yang jumlahnya semakin bertambah setiap tahun.
    “Titik banjir di Palembang mengalami penambahan berdasarkan pemetaan yang dilakukan belum lama ini yakni dari 39 titik menjadi 53 titik. Artinya perlu dilakukan upaya serius untuk menanggani banjir ini yakni membangun infrastruktur,” kata dia.
    Ia melanjutkan, penambahan titik banjir ini tidak dapat dielakkan karena kota Palembang bergerak menjadi kota metropolitan dengan ditandai bermunculannya beberapa kompleks perumahan.
    Komplek perumahan itu saat ini sudah masuk kawasan rawan banjir, seperti di Kompleks Citra Damai, Vila Damai Indah 2, Perumahan Bukit Baru, Bukit Sejahtera, dan Poligon.
    “Selain membangun infrastruktur kolam retensi, pemkot juga telah merencanakan pembangunan waduk,” kata dia.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com