• PEMKAB Tangerang Rekomendasikan Kenaikan UMK 11 Persen      

    0

    Tangerang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten memberikan rekomendasi kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2017 sebesar 11 persen dari tahun 2016 menjadi Rp3.355.750.
    “Ini mengacu kepada UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, dengan amanat penentuan UMK berdasarkan survei kebutuhan hidup layak,” kata Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Tangerang Arsyad Husein, di Tangerang, Jumat.
    Arsyad mengatakan UMK tahun 2016 sebesar Rp3.021.650 dan harus diterima buruh setiap bulan, sehingga juga menjadi pertimbangan.
    Pernyataan tersebut terkait sejumlah elemen buruh di Kabupaten Tangerang menuntut agar UMK 2017 naik sebesar 24 persen dengan alasan harga kebutuhan pangan, sandang, sewa pemondokan juga mengalami kenaikan.
    Para buruh melakukan aksi demo ke kantor Pemkab Tangerang di Kecamatan Tigaraksa dengan harapan agar tuntutan upah tersebut diusulkan ke Pemprov Banten, kemudian ditetapkan.
    Dia mengatakan rekomendasi tersebut melalui pertimbangan matang dan aspek hukum, agar tidak dianggap menyalahi peraturan yang berlaku.
    Menurut dia, bila mengacu kepada Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, maka kenaikan tersebut hanya sebesar 8,5 persen.
    Ia menambahkan, rekomendasi tersebut hampir mendekati nominal upah buruh yang bekerja di DKI Jakarta.
    Meski begitu, pihaknya, hanya memberikan rekomendasi ke Gubernur Banten, tapi untuk memutusan UMK 2017 merupakan kewenangan pemprov.
    Sebelumnya, para pekerja yang tergabung dalam Federasi Serikat Buruh Karya Utama (FSBKU) Kabupaten Tangerang meminta kenaikan upah sebesar 24 persen.
    Ketua FSBKU Kabupaten Tangerang Koswara mengatakan dalam pertemuan dengan Bupati Tangerang, Wakapolresta, aparat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat menyampaikan aspirasi agar ada kenaikan UMK 2017.
    Bahkan usulan FSBKU tersebut sebesar Rp3,7 juta karena berbagai pertimbangan, di antaranya kebutuhan hidup dan inflasi serta biaya transportasi bagi buruh.(anjas)

  • iklan 3




  • Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com