• Pembangunan Sirkuit Motogp Palembang Butuh Rp600 Miliar    

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Pembangunan sirkuit MotoGP di kawasan Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan diperkirakan membutuhkan dana Rp600 miliar, kata Kepala Dinas PU Cipta Karya Pemprov Sumsel, Basyaruddin.
    “Dana tersebut belum termasuk untuk sarana dan prasarana nonpermanen, seperti tenda masing-masing pabrikan peserta MotoGP, kantor Dorna, dan kebutuhan lainnya,” kata Basyaruddin di Palembang, Jumat.
    Ia mengaku, belum memastikan pemprov mendapatkan dana tersebut, tapi hingga kini Sumsel masih membuka peluang jika dibuat secara konsorsium.
    “Investor banyak yang mau masuk, namun akan dilihat dulu bagaimana kepastiannya,” kata dia.
    Ia mengatakan, sejauh ini Dorna Sport telah setuju dengan desain yang diajukan, yakni sirkuit dengan high standar sepanjang 4,2 kilometer memiliki 14 tikungan dan lintasan lurus sepanjang 750 meter, karena dapat memacu kecepatan hingga 303 kilometer per jam.
    Serta rata-rata kecepatan seluruh lintasan mencapai 171 kilometer per jam, kata dia.
    Ia menjelaskan, jika mengacu pada desain itu maka proses pembangunan akan memakan waktu hingga 17 bulan, lebih lama dibandingkan rencana sebelumnya 14 bulan.
    Khusus untuk membangun sirkuit MotoGP pertama di Indonesia ini, Sumsel melibatkan konsultan desainer sirkuit MotoGP ternama Hermann Tilke, merupakan desainer sirkuit berpengalaman yang sudah dipercaya oleh Dorna Sport.
    Tilke diketahui telah merancang 18 dari 21 sirkuit MotoGP serta 16 dari 19 sirkuit Formula 1 yang ada di seluruh dunia.
    Pembangunan sirkuit ini akan dimulai Januari 2017 di lahan seluas 112 hektere yang berlokasi di pinggir danau di depan venue shooting range Kompleks Olahraga Jakabaring.(anjas)

  • iklan 3




  • Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com