• NTB Akan Jual Aset Untuk Modal BPR

    0

         Mataram, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat akan menjual aset berupa lahan di Bandara Internasional Lombok senilai Rp106 miliar untuk menambah modal PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) NTB Syariah yang sedang dalam proses pembentukan.
    Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah NTB Manggaukang Raba, di Mataram, Senin, menyebutkan modal yang dibutuhkan oleh PT BPR NTB Syariah sebesar Rp500 miliar, sedangkan yang baru terhimpun dari penggabungan delapan PD BPR NTB sebesar Rp225 miliar.
    “Masih perlu Rp275 miliar lagi. Nah dari hasil penjualan aset itu lah untuk penambahan modal,” katanya.
    Selain aset di Bandara Internasional Lombok, kata dia, aset berupa kepemilikan saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) senilai Rp400 miliar lebih juga sudah dijual.
    Hasil penjualan saham tersebut juga dialokasikan untuk penambahan modal PT BPR NTB Syariah yang dipastikan beroperasi mulai 2018.

         Hasil penjualan saham tersebut juga akan dialokasikan untuk penambahan modal PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) NTB Bersaing sebesar Rp10 miliar.
    Salah satu perusahaan daerah tersebut diminta mengembangkan unit usaha syariah dalam rangka mengantisipasi beroperasinya PT Bank NTB Syariah dan PT BPR NTB Syariah pada 2018.
    “Jadi seluruh hasil penjualan aset bukan untuk beli mobil baru, tapi reinvestasi lagi ke usaha-usaha yang sekiranya akan memberikan kontribusi besar bagi pendapatan asli daerah (PAD),” ucap Manggaukang.
    Aset-aset milik Pemprov NTB, menurut Manggaukang, selama ini belum memberikan kontribusi besar terhadap PAD.
    Misalnya aset lahan di Bandara Internasional Lombok. Meskipun nilainya mencapai Rp106 miliar, namun belum ada kontribusi bagi PAD dari sejak dibangunnya bandara.
    “Kalau dipertahankan tetap hasilnya akan sedikit. Makanya kami masih berjuang meyakinkan anggota dewan bahwa hasil penjualan aset tersebut dikembangkan lagi untuk membesarkan perusahaan daerah yang lebih potensial memberikan PAD,” katanya.(anjas)

  • iklan 3




  • Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com