• Napak Tilas Pejuangan KHR Asad Undang Menhan

    0

         Situbondo, jurnalsumatra.com – Kegiatan napak tilas mengenang perjuangan pahlawan nasional KHR As’ad Syamsul Arifin, 13-15 Nopember 2016 akan menghadirkan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.
    “Mensos positif hadir, sementara Menteri Pertahanan masih dalam konfirmasi,” kata Pangasuh Pondok Pesantren Slafiyah Syafiiyah Sukorejo KHR Ahmad Azaim Ibrahimy di Situbondo, Sabtu
    Napak tilas sendiri akan dilaksanakan dengan titik berangkat dari Ponpes Raudlatul Ulum, Sumber Wringin, Kecamatan Sukowono, Jember, menuju Garahan, Jember, sejauh 55 KM mulai 14 Nopember dan berakhir 15 Nopember. Ponpes Raudlatul Ulum sendiri merupakan tempat Kiai As’ad mampir dan menginap bersama pasukan Palopor saat akan menyerbu markas tentara Jepang di daerah Silo, Garahan, pada September 1945.
    “Sebelum napak tilas dilaksanakan, kami mulai dengan seminar mengenai perjuangan Kiai As’ad yang rencananya akan menghadirkan Menhan dan Mensos. Seminar akan dilaksanAkan di Ponpes Nurul Qarnain, Baletbaru, Kecamatan Sukowono, Jember,” katanya.

         Napak tilas itu direncanakan akan diikuti sekitar 10.000 warga. Meskipun demikian panitia tidak menekankan seberapa banyak target peserta, namun bagaimana kegiatan tersebut mampu memberikan ketauladanan dari sosok KHR As’ad kepada masyarakat, khususnya generasi muda.
    “Lewat napak tilas ini bagaimana generasi muda Islam bisa merasakan heroisme dan patriotisme para ulama di zaman penjajahan dulu,” ujar Sekretaris Pondok Pesantren Sukorejo KH Ahmad Fadhail, SH, MH.
    Ia menjelaskan bahwa napak tilas tersebut akan diikuti peserta dari bekas Keresidenan Besuki, yakni Situbondo, Bondowoso, Jember dan Banyuwangi. Selain banyak juga peserta dari luar Jawa Timur yang menyatakan akan hadir.
    “Ada juga dari Jakarta, Bali dan Kalimantan. Alhamdulillah antusiasme warga luar biasa,” katanya.
    Untuk pengamanan kegiatan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres Jember yang akan mengarahkan personelnya ke lokasi acara.(anjas)

  • iklan 3




  • Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com