• Menlu Laporkan Kesiapan Indonesia Hadiri APEC

    0

         Jakarta, jurnalsumatra.com – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melaporkan kesiapan Indonesia menghadiri pertemuan APEC di Peru kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla.
    “Wapres akan hadir sebagai ketua delegasi APEC, kami laporkan mengenai kegiatan yang akan dilakukan,”  kata Retno di Kantor Wapres di Jakarta, Jumat.
    Menlu mengatakan, tema APEC yang akan berlangsung di Peru pada 19-20 November tersebut adalah “Quality Growth and Human Capital”. Di dalam pertemuan tersebut akan dilakukan dua kali retreat dengan tiga subtema.
    Selain pertemuan para pimpinan negara pada 20 November, sehari sebelumnya akan dilakukan berbagai macam pertemuan yang intinya adalah kesepakatan para pimpinan.

         “Bagi Indonesia tentunya ada perjuangan yang kita kawal yaitu memasukkan isu ‘development product’ ke dalam APEC,” kata Retno.
    Menurut Retno, pemerintah telah melakukan upaya terkait isu development product sejak 2013. Development product adalah komoditas-komoditas utama Indonesia sehingga perlu terus dikawal.
    “Kebetulan untuk keketuaan tahun ini di Peru fokusnya di ‘quality growth and human capital’. Tapi kalau dilihat breakdown-nya kelihatan masalah pembangunan desa kemudian mainstreaming itu jadi perhatian petani nelayan dikaitkan dengan perubahan global,” kata dia.
    Karena itu, Indonesia memberikan dukungan penuh terhadap keketuaan Peru di APEC 2016. Dalam pertemuan itu nantinya Wapres Kalla direncanakan akan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa negara.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com