• iklan 3


  • KTNA Lahat Ingin Jadi Pemasok Ikan

    0

    terlihat-penangkaran-milik-warga-lahatLahat, jurnalsumatra.com – Dinilai besarnya potensi ikan yang ada disungai Lematang dan kolam penangkaran warga di Bumi Seganti Setungguan ini, menjadi landasan dasar bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat untuk dapat menjadi agen. Tinggi konsumsi masyarakat yang ada terhadap ikan menjadikan tolak ukur serta pertimbangan Pemkab Lahat tidak mendatangkan ikan dari luar daerah.

    Seperti ditegaskan, ketua kelompok tani nelayan andalan(KTNA) kabupaten Lahat Aristo mengatakan, dari sekian banyak stok ikan konsumsi masyarakat sampai saat ini belum sepenuhnya dipasok dari potensi lokal kabupaten Lahat. Apalagi, setiap hari untuk kecamatan Kota Agung, Mulak Ulu dan Tanjung Tebat saja paling tidak masyarakat butuh 500 kg ikan segar semua jenis.

    “Ini baru untuk konsumsi harian saja, belum lagi untuk suplai musiman, misalnya ada hajatan atau keduri. Selebihnya kolam yang ada tidak dikelolah atau hanya dibiarkan koson, dengan ditumbuhi semak belukar,” ujarnya.

    Menurut Aristo, jangankan untuk dijual, guna memenuhinkebutuhan sendiri saja mereka belum mampu Kondisi seperti ini tentu sangat memprihatikan, kenapa masyarakat kita harus bergantung dengan pihak lain.

    “Masyarakat kita kini seolah makin menjadi instan tanpa memperdulikan muatan nilai ekonomi untuk kesejateraan masyarakat,”imbuhnya.

    Tepisah Badriyanto, salah satu pedagang ikan segara keliling asal Pasar Bawah menjelaskan, apa yang dia jual bersama kawan-kawan seprofesinya adalah ikan yang didatangkan dari daerah Musi Rawas, Muratara dan Lubuk Linggau. Untuk suplai penjualan kami memang belum ada di Lahat karena hampir 80 persen didatangkan dari luar Kabupaten.

    “Seperti jenis akan Nila, Mas atau Mujahir, semua masih distok oleh pedagang dari sana (Linggau dan sekitarnya, red). Kami siap memasarkan ikan ini bila ada stok secara bekelanjutan dari daerah kita ini, hanya kenapa sampai saat ini hal belum ada. Harapan, agar kedepan dapat menjual hasil atau peternak dari Kabupaten Lahat sendiri,” ujar Badriyanto. (Din)

  • iklan 3




  • Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com