• KODIM Tanahdatar Bedah Rumah Veteran Di Minangkabau

    0

    Batusangkar, jurnalsumatra.com- Komandan Kodim 0307/Tanah Datar, Sumatera Barat, Letkol Arm Bagus Tri Kuntjoro meletakkan batu pertama pembangunan rumah anggota Veteran RI, Marzuan Yusuf (94) di Nagari Minangkabau, Kecamatan Sungayang, Jumat.
    “Pembangunan rumah ini dalam rangka program bedah rumah Veteran tidak layak huni yang bekerja sama dengan PT. Semen Padang,” katanya di Nagari Minangkabau, Jumat.
    Ia menyebut bedah rumah dengan nominal sebesar Rp40 juta ini dianggarkan dari kerja sama Korem 032/Wirabraja bersama PT Semen Padang dan Legiun Veteran RI yang ada di Tanah Datar.
    “Program ini merupakan bentuk perhatian keluarga besar TNI ke Legiun Veteran, dimana perjuangan para veteran itu, tidak bisa diimbangi dengan apapun untuk Kemerdekaan Indonesia,” katanya.
    Bagus menjelaskan Kodim Tanah Datar mendapatkan jatah membedah rumah milik empat orang veteran di Kecamatan Sungayang, Sungai Tarab, dan Rambatan, serta satu di Kota Padang Panjang.
    Kegiatan bedah rumah veteran ini digelar BUMN untuk Negeri memperingati 70 tahun Indonesia Merdeka, dengan merenovasi sebanyak 45 rumah veteran di Sumatera Barat.
    Aksi sosial tersebut, dimaksudkan sebagai ucapan terima kasih dan penghargaan kepada para pejuang kemerdekaan bangsa, khususnya para anggota veteran.
    Apalagi, banyak veteran yang hidup dalam berbagai keterbatasan, sehingga perlu kontribusi bersama dalam menghargai jasa para mereka.
    “Legiun veteran di daerah kita cukup banyak, jadi tentu seluruh pihak harus bersama-sama berkontribusi kepada veteran. Kenyataan di lapangan kondisi para veteran cukup memprihatinkan seperti rumah mereka yang tidak layak huni,” kata Dandim.
    Sementara itu, Wali Nagari Minangkabau Alvani Hamdi mengatakan program ini sangat membantu masyarakatnya yang mayoritas hidup sebagai petani.
    “Dengan kondisi perekonomian warga sebagai petani ini sehingga sulit untuk memperbaiki rumah menjadi lebih layak huni,” katanya.
    Legiun Veteran Marzuan Yusuf bersama istri, Jalinar (83) mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian Korem 032/Wirabraja dan Kodim 0307/Tanah Datar serta PT. Semen Padang yang telah meringankan bebannya.
    Ia menyebut sebagai veteran, dirinya masih menerima uang pensiun setiap bulan, tapi hanya cukup untuk kebutuhan sehari-sehari.
    “Uang pensiun kami hanya cukup untuk makan saja, tidak punya dana memperbaiki umah. Alhamdulillah, masih ada pihak yang peduli dan perhatian kepada veteran seperti kami ini,” tutur pria yang sudah tidak bisa melihat ini karena katarak.
    Keluarga Marzuan dan Jalinar memiliki 13 orang anak dimana empat orang sudah meninggal dunia, delapan orang berdomisili di Jakarta, Lampung, dan Riau, serta satu orang tinggal bersama mereka di rumah kayu sangat sederhana.
    Hadir pada acara peletakkan batu pertama itu Ketua Persit KCK Kodim Tanah Datar Ny. Rinto Bagus Tri Kuntjoro, Danramil Sungayang Kapten Kav. Syamsinir, Camat Liza Martini, Kapolsek AKP Kardila, dan tokoh masyarakat setempat.(anjas)

  • iklan 3




  • Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com