• KBRI-PPI Pakistan Gelar Seminar Kebangsaan

    0

        Jakarta, jurnalsumatra.com – KBRI Islamabad bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia di Pakistan menggelar seminar kebangsaan bertemakan “Meneguhkan Islam Rahmatan Lil Alamin Dalam Pluralitas Kehidupan” dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.
    “Empat narasumber dihadirkan dalam seminar ini yang merupakan mahasiswa pascasarjana jurusan perbandingan agama. Seminar ini membumikan inspirasi menjadi suatu aspirasi kemudian menjadi suatu pedoman tata cara bergaul, berpikir, bersikap yang berlandaskan rahmatan lil alamin atau kasih sayang kepada seluruh alam,” ujar Duta Besar Indonesia untuk Pakistan Iwan Suyudhi Amrie dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Senin.
    Duta besar mengharapkan agar seluruh masyarakat paham ruh Islam yang lebih komprehensif dan bisa menjadi tauladan yang baik bagi segenap masyarakat lainnya.
    Ia juga berharap dari hasil seminar ini dibentuk tim perumus yang membuat pokok-pokok pikiran yang muncul dari diskusi ini sebagai pertanggungjawaban dari pemikiran yang dimunculkan.
    Presentasi dimulai oleh Ikmal yang membawakan judul konsep Rahmatan lil alamin dalam Islam .

        Menurut dia, risalah Islam yang dibawa oleh Rasulullah SAW telah disampaikan dengan sempurna kepada umat manusia, konsekuensi dari diutusnya beliau sebagai rahmatan lil alamin pun telah dibuktikan lewat sejarah dengan bedirinya Negara Islam di Madinah.
    Yang menjadi tantangan besar umat Islam masa kini yang diambil beberapa kasus yang diakibatkan karena pemahaman yang salah atau salah paham atas ajaran Islam adalah Islam belum lagi menjadi rahmat bagi manusia. Karenanya umat Islam harus mengadakan koreksi terhadap cara-cara hidup, baik dalam bidang ubudiyah maupun dalam bidang muamalah sesuai tuntunan Rasulullah SAW.
    Selanjutnya Adnin Zahir yang membawakan materi berjudul “Peran Islam terhadap alam sekitar” menegaskan bahwa Islam tidak hanya mengatur hubungan antara hamba dengan tuhannya saja, akan tetapi juga mengatur hubungan antarsesama bahkan dengan makhluk sekitar.
    “Sebagai contoh ulama Islam membentuk organisasi sosial keagamaan sebagai bentuk/solusi untuk mengentaskan masyarakat dari kebodohan terutama dalam bidang agama dan sosial,” kata dia.
    Taufik Akbaruddin, mahasiswa program BS Filsafat Islam mengatakan bahwa Muslim dalam Al Quran diakui sebagai khairu ummat atau umat terbaik, namun untuk meraih kategori umat terbaik itu, Al Quran meletakkan syarat khusus, yakni menyeru kepada yang maruf atau kebenaran, mencegah kemungkaran, dan beriman kepada Allah.

        “Tanpa tiga hal ini, Muslim tidak bisa dikatakan sebagai umat terbaik, maka tiga unsur tersebut harus saling menguatkan antara satu dengan lainnya,” kata dia.
    Selebihnya, ada poin penting dalam Islam yang disampaikan oleh Syamsul Hadi dalam pemaparannya yang berjudul “Peran Islam Dalam Membangun Persatuan Antar Umat Beragama”, di antaranya setiap agama mengajarkan toleransi dan kasih sayang ke semua manusia.
    Selanjutnya, Islam menganjurkan agar setiap penganut agama saling mengenal satu dengan yang lainnya mengenal secara lebih jauh mengenai latar belakang, pendidikan, budaya, keagamaan, pemikiran, dan problem hidup yg dialami, kemudian saling memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing, saling tolong menolong, saling memberi jaminan rasa keamanan dan pertolongan.
    Firman, yang sedang menempuh akhir studinya di program master jurusan Islamic Jurisprudence menambahkan, Islam telah mengatur dengan sangat gamblang. Muslim dilarang keras memaksa orang lain masuk Islam, namun Islam tetap memerintahkan untuk mendakwahi orang lain, mengajak dengan baik, bahkan mendoakan agar mendapat hidayah masuk Islam.
    “Muslim di Indonesia sudah sangat menjunjung tinggi nilai pluralitas. Sebagai masyarakat dengan jumlah dominan, Muslim tidak melarang penganut agama lain mendirikan rumah ibadah, beribadah, dan merayakan hari besarnya, bahkan melakukan transaksi bersama Muslim, berbisnis dan lain-lain yang memang dihalalkan oleh agama,” kata dia.(anjas)

  • iklan 3




  • Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com