• Kapolres Lahat  Kenalkan Program Baru ‘Polisi Pintar’

    0

    kapolres-lahat-2Lahat, jurnalsumatra.com – Disela-sela kegiatan launching kurikulum baru bagi dunia pendidikan, di aula SMKN 1 Lahat, Senin (31/10). Kapolres AKBP Rantau Isnur Eka Sik, juga berkesempatan memperkenalkan sebuah program baru, bernama ‘Polisi Pintar’. Dimana hal ini adalah sebuah aplikasi didalam hand phone (HP) yang berbasis android, yang berisikan program untuk melapor cepat dan bertindak tepat.

    Hal tersebut ditegaskan petinggi krops coklat wilayah Lahat, belakangan ini seringkali marak terjadi kejahatan kejahatan di jalan raya. Kapanpun dan dimanapun, dengan waktu kejadian yang terkadang begitu singkatnya, sehingga membuat siapapun terkadang tak memiliki waktu tepat dalam hal pelaporannya, yang berujung pada upaya penyidikan atau pengungkapan kasus tersebut.

    “Untuk itu, kami segenap unsur di Mapolres Lahat berupaya dan terbaru berhasil membuat suatu program, dengan berbasis perangkat di HP, yang notabene akrab dengan semua pihak dilapangannya,” ungkap Rantau.

    Dengan demikian, kata pria berpangkat melati dua ini, setelah siapapun mengunduh atau mendownload program dimaksudkan,akan menjadi mudah didalam hal pelaporan akan suatu peristiwa dan kejadian dilapangannya, sehingga juga akan berkolerasi dengan upaya cepat pencegahan atau pengungkapannya, sehingga tingkat gangguan keamanan, sampai pada pengungkapan suatu kejahatan bisa lebih efektif diwujudkan.

    “HP saat ini merupakan bagian kehidupan sehari hari bagi siapapun. Jadi kami menganggap program ini akan sangat bermanfaat dan tentu saja efektif dilaksanakan, dan tugas Polisi menjadi sangat terbantukan,” pungkasnya.

    Jadi nantinya, bagi siapapun orangnya, yang melihat atau bahkan merasakan suatu peristiwa, atau peluang gangguan kejahatan, bisa langsung memantau dengan jalan di foto, lalu kemudian dikirimkan ke pilihan pilihan yang ada di program polisi pintar. Kemudian, selang berapa detik, laporan itu akan masuk ke seluruh HP polisi Polres Lahat dan jajaran, kemudian siapapun polisi yang posisinya terdekat dari lokasi terlapor, akan segera meluncur dan bisa mengambil langkah serta upaya efektifnya.

    “Ayo bantu polisi, dalam hal pewujudan situasi dan kondisi aman, tertib ditengah tengah masyarakat, kami yakin, dengan jalan bersama sama semuanya akan jadi lebih mudah dalam hal pewujudannya,” tegas Rantau lagi.

    Sementara, Bupati H Saifudin Aswari Rivai SE dalam komentarnya mengaku sangat bangga dan memberikan apresiasi tertingginya kepada jajaran Polres Lahat. Karena menurutnya, terobosan yang ada dianggap sangatlah efektif dan efisien, juga jika dikaitkan dengan perkembangan jaman dewasa ini, yang sangat akrab dengan fasilitas HP ditengah masyarakatnya.

    “Sarana yang dipilih kami anggap paling tepat, dan kami sangat yakin, jika memang program ini berjalan baik, tingkat kriminalitas serta gangguan keamanan di Lahat akan bisa diminimalisir,” pungkas Pemimpin Lahat ini, dalam sambutannya. (Din)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com