• iklan 3


  • GAN: Jepang Tingkatkan SDM Pembina Pengguna Narkoba      

    0

    Medan, jurnalsumatra.com  – Gerakan Anti Narkotika (GAN) Indonesia minta kepada Pemerintah Jepang tidak hanya memberikan dana hibah untuk pembangunan gedung Pusat Perawatan dan Pemulihan Adiksi Narkoba di Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.
    “Namun, Jepang juga perlu peningkatan sumber daya manusia para pembina yang mengobati pecandu atau pengguna narkoba tersebut,” kata Sekjen DPP GAN Indonesia Zulkarnain Nasution, di Medan, Jumat.
    Menurut dia, Pemerintah Jepang memiliki tenaga ahli dan medis dalam penyembuhan pengguna narkoba.
    “Bisa saja tenaga ahli dari Negeri Sakura itu memberikan pelatihan kepada para pembina di Pusat Perawatan Adiksi Narkoba Lubuk Pakam,” ujar Zulkarnain.
    Ia menyebutkan, dengan adanya pelatihan tersebut, maka pusat pemulihan Adiksi Narkoba itu dapat semakin berkembang dan lebih maju.
    Selain itu, masyarakat semakin lebih percaya terhadap pusat perawatan bagi penderita narkoba yang berada di Lubuk Pakam.
    “Pemerintah Jepang diharapkan dapat memberikan bantuan rehabilitasi atau perbaikan gedung tempat penampungan penyalahgunaan narkoba bagi pelajar dan remaja yang dikelola oleh masyarakat,” ujarnya pula.
    Zulkarnain mengatakan, gedung tempat pembinaan bagi pemakai narkoba yang mengalami kerusakan juga cukup banyak terdapat di Sumatera Utara, sehingga hal ini perlu diperhatikan.
    Apalagi, katanya, remaja  maupun pelajar yang terlibat penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Deli Serdang dan Provinsi Sumut cukup banyak serta perlu mendapat perhatian serius.
    Bahkan, kasus penyalahgunaan narkoba di Indonesia sepanjang 2015 tercatat naik 13 persen dibandingkan tahun 2014 sebanyak 40.253 kasus.
    Data dari Badan Narkotika Nasional menyebutkan jumlah kasus penyalahgunaan narkotika pada 2015 sebanyak 5,9 juta kasus.
    Jumlah tersebut meningkat signifikan dibanding 2011 dengan 3,8 juta kasus. Selain itu, diperkirakan 50 orang meninggal setiap hari karena narkoba dari jumlah tersebut.
    “DPP GAN mendukung dan mengapresiasi Pemerintah Jepang memberikan dana hibah pembangunan gedung Pusat Perawatan Adiksi Narkoba di Lubuk Pakam,” kata Sekjen DPP GAN itu pula.
    Sebelumnya, Pemerintah Jepang memberikan dana hibah Rp2 miliar untuk pembangunan gedung Pusat Perawatan dan Pemulihan Adiksi Narkoba di Kecamatan Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumut, dan Gedung Panti Asuhan di Aceh Tengah.
    “Bantuan itu diberikan melalui Program Grant Assistance for Grassroots Human Security Projects,” kata Konsul Jenderal Jepang di Medan Hirofumi Morikawa di Medan, Kamis (10/11).
    Bantuan untuk proyek Pembangunan Pusat Perawatan dan Pemulihan Adiksi Narkoba diberikan kepada Yayasan Caritas Pengembangan Sosial Ekonomi Keuskupan Agung Deli Serdang senilai Rp1,041 miliar serta proyek pembangunan Panti Asuhan Yayasan Panti Asuhan Nurul Iman, Kampung Paya Tumpi Baru, Kabupaten Aceh Tengah senilai Rp948 juta.(anjas)

  • iklan 3




  • Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com