• iklan 3


  • DPK Tangerang Tanam 150.000 Pohon Bakau      

    0

    Tangerang, jurnalsumatra.com – Aparat Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten menanam sekitar 150.000 bibit pohon bakau (mangrove) untuk mencegah abrasi pantai di kawasan pesisir.
    “Kami melibatkan warga setempat dan pihak swasta yang bersedia berpartisipasi untuk peduli lingkungan,” kata Kepala DPK Pemkab Tangerang Hery Wibowo, di Tangerang, Jumat.
    Hery mengatakan tingkat abrasi di pesisir sudah dalam kategori memprihatinkan, karena lahan produktif milik nelayan dan petani setempat habis diterjang ombak Laut Jawa.
    Bahkan lapangan bola dan sarana bermain di sekolah juga diterjang ombak yang semula masih berupa daratan, saat ini telah berada di bibir pantai.
    Dia mengatakan cara yang dilakukan untuk mengatasi abrasi di antaranya pemasangan turap secara swadaya, tapi akhirnya roboh karena ombak yang ganas.
    Namun begitu cara yang jitu untuk memecah ombak adalah dengan menanam mangrove karena akarnya yang kuat, dan dapat berfungsi sebagai tempat berlindung beraneka jenis ikan.
    Demikian pula pohon bakau juga merupakan habitat berkembang biak aneka satwa burung dan binatang air lainnya.
    Menurut dia, program penanaman pohon tersebut dilakukan secara bertahap dan melibatkan warga setempat pada beberapa desa terutama yang rawan terhadap abrasi.
    Desa yang rawan abrasi tersebut adalah Desa Patramanggala, Muncung, Kronjo, Marga Mulya, Karang Serang, Desa Kramat, Surya Bahari, dan Desa Ketapang.
    Penanaman pohon bakau itu merupakan salah satu dari 25 program Pemkab Tangerang yang peduli terhadap lingkungan pesisir dinamakan Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan).
    Padahal sebelumnya Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengapresiasi pihak swasta yang telah berpartisipasi menanam sekitar 1.500 bibit pohon bakau di Kecamatan Kemiri.
    Kawasan pesisir di wilayah itu telah diterjang abrasi mencapai 570 hektare berupa lahan produktif dan rumah penduduk.(anjas)

  • iklan 3




  • Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com