• Disbudpar Palembang Prioritaskan Penataan Kawasan Wisata

    0
    Sejumlah wisatawan menyaksikan keindahan matahari tenggelam (sunset) di kawasan wisata Pantai Tablolong di Kupang Barat, NTT, Minggu (20/3). Pantai Tablolong merupakan daerah penghasil rumput laut terbesar untuk NTT, dan juga menjadi tujuan lokasi wisata bagi wisatawan mancanegara dan domestik. ANTARA  FOTO/Kornelis Kaha/foc/16.

    Disbudpar Palembang Prioritaskan Penataan Kawasan Wisata

    PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Meski anggaran yang diajukan oleh pemerintah kota Palembang ke DPRD palembang hanya 0,25 persen dari APBD tahun 2017, namun hal tersebut bukan menjadi kendala bagi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), karena Disbudpar lebih mempriotaskan penataan kawasan wisata.

    “Anggaran kita cukup kecil untuk tahun depan, namun kita akan fokus melakukan penataan kawasan wisata,”kata Kepala Disbudpar, Isnaini Madani, Rabu (23/11).

    Dikatakan Isnaini, melakukan penataan membutuhkan anggaran yang cukup besar oleh karena itu pihaknya akan meminta bantuan kepada BUMD maupun swasta melalui dana CSR, dengan bantuan tersebut penataan lebih optimal.

    “Dengan adanya penataan untuk keindahan dan kerapian akan membuat wisatawan dalam dan luar negeri semakin banyak yang datang ke Palembang,”kata dia.

    Penataan harus dilakukan untuk kawasan wisata seperti BKB, Ampera, pulau kemaro dan kawasan lainnya, dengan penataan ini semakin banyak yang akan datang, tentu kawasan lain juga harus ditata lebih baik lagi.

    Bukan hanya penataan namun promosi dengan melibatkan banyak pihak baik pemerintahan, perhotelan, agensi dan lainnya, tentu akan semakin banyak yang akan datang ke Palembang, tentu promosi ini harus gencar dilakukan, jika tidak maka Palembang sulit bersaing dengan Bali dan Jogjakarta.

    “karena tujuan wisata saat ini yang lebih tinggi dua daerah tersebut, dengan banyaknya promo yang dilakukan maka Palembang akan semakin dikenal secara international,”kata Isnaini.

    Bukan hanya penataan, pada tahun depan pihaknya menargetkan lebih dari 1 juta wisatawan yang akan berkunjung ke Palembang , target ini tidak lain dengan adanya even Asian Games yang akan berlangusng tahun 2018 mendatang.

    “Sekarang ini sudah lebih dari 2 juta wisatawan yang datang dalam dan luar negeri, kehadiran wisatawan tidak hanya ke Palembang namun secvara Umum ke Sumsel, karena potensi wisata kita sangat besar,”jelasnya.

    Begitu juga dengan Palembang yang banyak memiliki bangunan sjarah mapun tempat wisatawan yang sangat baik jika dikelola dengan baik, oleh karena itu pihaknya akan terus mengoptimalkan potensi wisata yang ada.

    Sebelumnya, Ketua Fraksi Keadilan dan Persatuan, Adi Apriliansyah mempertanyakan kepada pemerintah, meski pada tahun depan akan meningkatkan pariwisata dan budaya namun anggaran yang diajukan kepada DPRD Palembang sangat kecil.

    “Anggaranya hanya 0,25 persen dari APBD, apakah anggaran yang diajukan sesuai dengan program yang dicanagkan, karena meningkatkan pariwisata tidak hanya promosi namun penataan kawasan juga perlu untuk menarik perhatian, bagaimana meningkatkan wisatawan kalau anggaranya cukup besar,”tukasnya.(eka)

  • iklan 3




  • Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com