• iklan 3


  • Destinasi Wisata Pulau Kemaro Mulai Dilirik Investor

    0

    Palembang ,jurnalsumatra.com- Destinasi wisata Pulau Kemaro, Palembang, mulai dilirik kalangan investor terkait dengan peran Kota Palembang sebagai tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018.

    Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Palembang Isnaini Madani di Palembang, Selasa, mengatakan, investor tersebut telah menyatakan keinginannya ke pemerintah kota dengan siap menanamkan investasi sebesar Rp70 miliar.

    “Harapan pemkot, keinginan investor ini segera terealisasikan karena tak berapa lama lagi Palembang menjadi tuan rumah Asian Games. Jika sudah dibangun dan dikembangkan dari sekarang, maka dapat segera dipromosikan,” kata Isnaini.

    Ia mengatakan Pulau Kemaro, delta kecil di Sungai Musi yang berjarak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera ini perlu dipercantik agar layak menjadi destinasi unggulan.

    Saat ini di Pulau Kemaro sudah tersedia 10 bungalow, dermaga, jembatan gantung, dan fasilitas umum lainnya.

    Jika investor berminat, maka pemkot bersedia memfasilitasi dengan turun serta dalam penyertaan modal mengingat sudah membangun 10 bungalow.

    “Negosiasi ini sifatnya sangat flesibel, intinya pemkot berkeinginan agar dana swasta masuk untuk mempercantik Pulau Kemaro ini karena jika mengandalkan dana pemerintah maka tidak akan cukup,” kata dia. Selain itu, ia menambahkan, dengan dikelola swasta yang berorientasi pada keuntungan, pemkot berkenyakinan bahwa destinasi wisata ini bakal dikelola secara profesional.

    “Rencananya, jika sudah jalan destinasi wisata di Pulau Kemaro ini, maka akan dikombinasikan dalam satu paket wisata di jalur Sungai Musi karena di sepanjang sungai ini banyak sekali tempat-tempat wisata,” kata Isnaini.

    Pulau kemaro dikenal sebagai tempat perayaan Imlek warga keturuan Tionghoa di Indonesia dan Asia karena pada puncak acara dapat dipadati sekitar 3.000 orang setiap tahun.

    Pemkot Palembang fokus membenahi sektor pariwisata untuk memanfaatkan peran kota sebagai tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018 yang diikuti 54 negara.

    Salah satunya, dengan menawarkan investasi pembangunan hotel di pinggir Sungai Musi.

    Kota Palembang berharap meraup berkah pariwisata dengan meningkatkan kunjungan wisatawan hingga 2,5 juta orang pada 2018 atau meningkat dari sekitar 1,8 juta jiwa. (anjas)

  • iklan 3




  • Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com