• BPBD-PK Padang: Hujan Masih Dalam Batas Normal      

    0

    Padang, jurnalsumatra.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Kota Padang, Sumatera Barat, menyatakan hujan yang mengguyur daerah setempat sejak Rabu malam (23/11) hingga Kamis pagi masih dalam batas normal sehingga belum berdampak terjadinya bencana.
    “Hujan memang turun dalam waktu lama dengan intensitas rendah,” kata Kepala BPBD-PK Padang, Rudi Rinaldy di Padang, Kamis.
    Ia menyebutkan meskipun belum berdampak bencana namun pihaknya tetap menyebarkan anggota untuk melihat lokasi-lokasi yang rawan terjadi bencana.
    “Kami sudah menurunkan tim ke lapangan sejak pagi tadi, dan hingga saat ini belum menerima adanya laporan bencana baik dari anggota maupun masyarakat,” kata dia.
    Meskipun belum menimbulkan dampak bencana masyarakat tetap diminta agar waspada, terutama yang tinggal di lokasi rawan untuk mempersiapkan diri apabila kondisi cuaca memburuk.
    “Seperti masyarakat yang tinggal di kawasan dengan sudut elevasi lebih dari 30 derajat dan yang berada di sepanjang aliran sungai,” kata dia.
    Beberapa kawasan rawan bencana longsong seperti Kecamatan Lubuk Kilangan, Kecamatan Bungus, Kecamatan Padang Selatan, dan Kawasan Gunung Padang.
    “Sementara kawasan yang rawan banjir mulai dari Kecamatan Kuranji, Koto Tangah, Kecamatan Nanggalo,” jelas dia.
    Bagi warga yang merasa tidak aman agar segera berkoordinasi dengan petugas di lokasi, karena BPBD sudah menyiapkan anggota yang disebar pada lokasi rawan untuk mewaspadai kemungkinan terburuk.
    Ia mengatakan data BMKG dari 24 hingga 26 November 2016 akan terjadi peningkatan potensi hujan lebat di Sumatera Barat.
    “Jadi masyarakat diimbau agar lebih waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genangana air, pohon tumbang, jalan licin, dan lainnya,” katanya.(anjas)

     

  • iklan 3




  • Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com