• iklan 3


  • Bahasa Daerah Banjar Kalsel Diharapkan Jangan Punah

    0

         Banjarmasin, jurnalsumatra.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalimantan Selatan mengharapkan bahasa daerah Banjar di provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut jangan sampai punah.
    Harapan tersebut dalam pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kalsel terhadap Raperda tentang Penyelenggaraan Pendidikan di provinsi itu, yang mereka sampaikan pada rapat paripurna lembaga legislatif setempat di Banjarmasin, Kamis.
    Oleh sebab itu, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kalsel mendukung Raperda penyelenggaraan pendidikan di provinsi tersebut yang antara lain memuat pengaturan bahasa daerah sebagai muatan lokal (mulok).
    “Dengan menjadikan bahasa daerah Banjar sebagai mulok pada pendidikan dasar khususnya, salah satu bahasa ‘ibu’ tersebut tidak punah,” lanjut wakil rakyat dari PKS disampaikan juru bicaranya H Husaini Suni.
    Pendapat dan harapan serupa dalam pemandangan umum Fraksi Partai Golkar (FPG) DPRD Kalsel terhadap Raperda penyelenggaraan pendidikan di provinsi dengan penduduknya yang beragam itu, disampaikan juru bicaranya Hj Syarifah Rugayah.

         Dalam pemandangan umum FPG yang diketuai H Murhan Effendie dan sekretarisnya Misri Syarkawie itu, juga mengingatkan agar Pemprov betul-betul mengalokasikan 20 persen untuk anggaran pendidikan pada APBD provinsi setempat.
    Mengenai mulok, FPG DPRD Kalsel menyarankan agar dirancang (didesain) sedemikian rupa untuk kepentingan peserta didik dan berbasis keunggulan lokal provinsi yang multi etnik dan budaya ini.
    Data pada Dinas Pendidikan Kalsel di provinsi ini terdapat SMA Negeri 133 unit, swasta 52, SMK Negeri 57, swasta 63, Pendidikan Luar Biasa (PLB) Negeri 17 dan swasta 20 unit.
    Sementara itu, sebelum membacakan pemandangan umum, Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan DPRD Kalsel Suwardi Sarlan mengajak peserta rapat paripurna dan undangan yang beragama Islam membacakan surah Al Fatihah buat pejuang negeri ini yang sudah mendahului.
    Rapat paripurna DPRD Kalsel yang bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional itu dipimpin wakil ketuanya H Hamsyuri dan hadir Staf Ahli Setdaprov bidang pendidikan Mohandas mewakili gubernur setempat H Sahbirin Noor.(anjas)

  • iklan 3




  • Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com