• ASB Bentuk Desa Tangguh Di Pesisir Selatan

    0

         Painan, Sumbar, jurnalsumatra.com – Lembaga sosial dari Jerman Arbeiter-Samariter-Bund akan membentuk tiga desa tangguh di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), dalam upaya mengurangi dampak apabila terjadi bencana di daerah tersebut.
    Penggerak Organisasi Proyek A.S.B untuk Sumbar, Soesatyo Budi Kurniawan di Painan, Rabu mengatakan desa-desa tersebut diantaranya Nagari (Desa Adat) Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai, Koto Nan Duo IV, Kecamatan Batang Kapas dan Ampiang Parak, Kecamatan Sutera.
    Ia menjelaskan salah satu program yang digalakkan pada desa tangguh adalah pelatihan mengurangi dampak bencana baik pada saat ataupun pascabencana.
    Dalam pembentukan desa tangguh selain melibatkan warga desa dan tokoh masyarakat setempat, pihaknya juga melibatkan aparatur pemerintah mulai dari tingkat provinsi hingga desa.
    Digandengnya aparatur tersebut dimaksud agar pembentukan desa tangguh menjadi bagian dari program kerja pemerintah setempat.

         Menurut Soesatyo pelibatan aparatur pemerintah tingkat kabupaten setempat sudah dalam tahap pembentukan kelompok kerja dan setelah itu tahapannya selanjutnya adalah finalisasi kelompok kerja.
    Pada finalisasi tersebut katanya, kelompok kerja yang diisi oleh aparatur dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah di Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan harus mengantongi izin dari pimpinan instansinya untuk bergabung pada kelompok kerja tersebut.
    “Dan dalam bulan ini kami akan meninjau masing desa-desa untuk melakukan pemetaan sebagai tahapan berikutnya untuk pembentukan desa tangguh,” katanya.
    Ia melanjutkan selain tiga desa di Pesisir Selatan juga terdapat tiga desa lain di Sumbar yakni di Kabupaten Kepulauan Mentawai.
    Rencana pembentukan desa keenam desa tangguh menurutnya ditentukan berdasarkan kerentanan sebuah daerah terhadap bencana.
    Soesatyo menambahkan A.S.B sudah beberapa kali menunjukkan eksistensinya di Sumbar diantaranya pada 2009 pascagempa Pariaman dan 2012 pengurangan resiko gempa di Kepulauan Mentawai.(anjas)

  • iklan 3




  • Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com