• Arkeolog Harry Truman Raih Penghargaan Sarwono Award

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Peneliti dalam bidang arkeologi Harry Truman Simanjuntak meraih penghargaan ilmu pengetahuan LIPI Sarwono Award berkat pengabdiannya selama 38 tahun.
    “Tahun ini LIPI Sarwono Award diberikan kepada Harry Truman Simanjuntak, seorang doktor pada bidang prasejarah sekaligus peneliti dan profesor riset pada pusat penelitian arkeologi nasional yang konsisten selama 38 tahun menekuni penelitian arkeologi,” kata Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Iskandar Zulkarnain.
    Hal tersebut dikatakan oleh Iskandar saat membuka acara penghargaan LIPI Sarwono Award 2015 di Sasana Widya Sarwono Kompleks LIPI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis.
    Iskandar juga mengatakan, LIPI Sarwono Award merupakan  bentuk penghormatan atas jasa Sarwono Prawirohardjo sebagai Bapak LIPI sekaligus Ketua lembaga tempat berkumpulnya para ilmuwan Indonesia ini yang pertama.
    Lebih lanjut, Iskandar mengatakan, Harry Truman sarat prestasi dan pengabdian berharga bagi kemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia khususnya arkeologi dengan menelusuri masa silam nusantara dalam konteks Asia Tenggara dan Oseania melalui penelitian prasejarah.
    Harry juga melakukan penelitian terkait prasejarah Indonesia seperti penelitian Hominid/Palaelitik di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sumba, dan Maluku. Lalu penelitian kehidupan kala Plestosen Akhir-Holosen Awal, penelitian budaya Neolitik dan penelitian budaya Megalitik atau Paleometalitik di sejumlah situs di tanah air yang menjadi sumber rujukan nasional dan internasional.
    “Dia mengungkap betapa Indonesia kawasan penting untuk pengetahuan evolusi manusia dan budaya. Tidak banyak wilayah di dunia bisa menghidupi manusia sejak masa tus karena temuan Homo Erectus tak banyak di dunia. Hanya ada di beberapa tempat salah satunya di Indonesia,” kata Iskandar.
    Iskandar mengungkapkan, pertimbangan utama pemberian penghargaan ini pada Harry, karena LIPI sebagai lembaga keilmuan terkemuka di Indonesia perlu memberi apresiasi tinggi kepada tokoh yang memajukan Iptek.
    Menurut dia, tujuan penghargaan ini untuk memberi tempat terhormat bagi para peneliti yang mengabadikan dirinya untuk pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia.
    Selain penganugerahan LIPI Sarwono Award, lembaga para peneliti tersebut yang telah memasuki usia ke-48, digelar juga orasi ilmiah LIPI Sarwono Memorial Lecture (LIPI SML) yang diisi Cendikiawan muslim Azyumardi Azra untuk memberikan kuliah umumnya.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com