• iklan 3


  • Akademisi Undiksha Ajak Guru Tingkatkan Inovasi

    0

        Singaraja, jurnalsumatra.com – Akademisi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali, I Putu Gede Parma, S.St.Par.,M.Par mengajak para guru di daerah itu meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam proses belajar mengajar di sekolah.
    “Para guru mesti mampu mensinergikan berbagai model pembelajaran kreatif sehingga dapat meningkatkan daya serap siswa,” kata I Putu Gede Parma di Kota Singaraja, Kabupaten Buleleng, Selasa.
    Ia mengatakan, dewasa ini tersedia berbagai model pembelajaran modern dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang ada, sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran di kelas.
    Parma menambahkan, pembelajaran juga diharapkan bukan hanya terpaku dalam kelas saja, tetapi guru diharapkan memanfaatkan suasana sekolah dan lingkungan sehingga tidak membuat siswa bosan menuntut ilmu di sekolah.
    “Guru kreatif adalah mereka yang memiliki ide-ide cemerlang. Mereka yang mampu membangkitkan semangat belajar siswa untuk memahami berbagai jenis materi pembelajaran,” paparnya.
    Bukan hanya itu saja, pihaknya sebagai akademisi dalam bidang pendidikan mengajak para guru terbiasa membuat karya ilmiah sebagai salah satu syarat kenaikan pangkat.

         “Bukan hanya sekedar kenaikan pangkat saja tetapi lebih dari itu meningkatkan kompetensi guru dalam menghasilkan karya. Permasalaan tersebut yang sering menjadi kendala,” tandasnya.
    Sementara Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Dr Nyoman Jampel MPd dalam kesempatan terpisah menyatakan kedepan terus berusaha mencetak tenaga pendidik profesional sehingga mampu mendukung program pemerintah dalam mencerdaskan bangsa.
    Pihaknya siap mencetak guru yang mampu membuat perencanaan pembelajaran, melangsungkan proses pembelajaran dan evaluasi kepada peserta didik dengan baik.
    Visi Undiksha menjadi lembaga pendidikan tinggi, sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berbudaya, humanis berdasarkan Tri Hita Karana menghasilkan lulusan berkualitas serta berdaya saing tinggi.
    “Undiksha mempersiapkan serius sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan mempunyai daya saing di era global,” katanya.
    Ia juga mengungkapkan lulusan lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) terbaik di Pulau Dewata tersebut adalah representasi Undiksha di mata masyarakat umum.
    Program yang menjadi prioritasi Undiksha kedepan adalah meningkatkan akreditasi program studi (prodi) maupun universitas sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas perguruan tinggi, ujarnya.(anjas)

  • iklan 3




  • Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com