• 3.055 Tenaga Kerja Diserap dalam Mega Proyek

    0

    tenaga-kerja-dan-angkatan-kerjaPALEMBANG, jurnalsumatra.com – Kota Palembang terus berbenah dalam rangka menyambut asian Games. Sejumlah mega proyek tengah dalam proses pembangun. Diantaranya, proyek Light Rail Transit (LRT), proyek fly over Simpang Tanjung Api-Api (TAA), fly over Simpang Keramasan, proyek Jembatan Musi IV, dan Jembatan Musi VI. Tentu saja pembangunan tersebut membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak.

    Hal tersebut ternyata bermanfaat bagi masyarakat di kota Palembang, dari total 3.802 tenaga kerja yang terlibat dalam lima proyek besar tersebut. 3.055 diantaranya ialah tenaga lokal kota Palembang.

    “Jadi sejumlah pembangunan di kota Palembang ini, ada manfaatnya bagi masyarakat,”ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Yanuarpan Yany, kemarin.

    Yanuarpan pun menjelaskan, dari 3.802 tenaga kerja yang terlibat dalam lima pembangunan proyek tersebut, ada sekitar 745 tenaga kerja dari luar daerah kota Palembang, serta 2 tenaga kerja asing.

    “Dari seluruh proyek tersebut, memang proyek LRT yang membutuhkan banyak tenaga kerja. Data ini kita peroleh dari survey yang dilakukan oleh anggota kita beberapa waktu yang lalu,”jelasnya.

    Yanuarpan menjelaskan, selain untuk menopang penyuksesan pagelaran Asian Games mendatang. Tentu saja, pembangunan ini juga dapat membuat perekonomian masyarakat semakin meningkat, dan membuat tindak kriminalitas di kota Palembang ini berkurang.

    “Jadi sebelum pagelaran Asian Games mendatang, sudah ada manfaatnya bagi masyarakat. Wajar saja, kita pernah melakukan koordunasi dengan Polresta Palembang, jika angka kriminal di kota Palembang ini sedikit menurun,”katanya.

    Menurut Yanuarpan, selama ini tidak ada masalah antara pekerja yang datang dari luar daerah maupun pekerja lokal.Selama ini tidak ada kendala. Masalah gaji yang diterima ataupun hak-hak yang mereka. Kalau para pekerja ada kendala, karena perusahaan tidak memenuhi hak merek.

    Disinggung mengenai akan banyaknya pengangguran setelah beberapa proyek tersebut selesai nantinya. Yanuarpan mengaku tak terlalu mengkhawatirkannya. Yanuarpan menyakini hal tersebut, karena banyaknya proyek-proyek yang terus berkembang di kota Palembang.

    “Mungkin kalau selesai di proyek-proyek besar ini, akan ada proyek besar lagi di Palembang. Lagiankan banyak juga proyek-proyek kecil di Palembang, tidak mesti proyek besar. Penanaman modal di kota Palembang inikan bagus, asal sesuai dengan UU yang berlaku,” ungkapnya.(eka)

  • iklan 3




  • Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com