• Wagub Bali: Masyarakat Tetap Laksanakan Korban Suci

    0

        Gianyar, jurnalsumatra.com – Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta mengimbau masyarakat setempat untuk tetap melaksanakan ritual pengorbanan suci (yadnya) sesuai dengan kemampuan, karena beryadnya merupakan salah satu cara untuk melestarikan budaya dan mengajegkan Bali.
    “Hal itu penting dilakukan, karena di tengah globalisasi saat ini banyak masyarakat yang mulai melupakan kewajibannya untuk beryadnya atau banyak yang terkena pengaruh luar untuk tidak mengindahkan budaya Bali yang yang diwarisi secara turun temurun,” kata Wagub Ketut Sudikerta, Rabu malam.
    Ketika  menghadiri  kegiatan ritual berskala besar “Piodalan Nyatur lan Mapedudusan Alit” di Pura Desa Pekraman Mawang, Desa Lodtunduh,  Perkampungan Ubud, Kabupaten Gianyar, Ia mengharapkan, agar budaya Bali dalam kegiatan ritual yadnya tidak dilupakan oleh masyarakat.

         Masyarakat Bali agar tetap melaksanakan kewajibanya dalam beryadnya,  yang  disesuaikan kemampuan ekonomi  masing-masing, sehingga kegiatan ritual yang terkesan jor-joran tersebut,  tidak dilakukan oleh masyarakat.
    Wagub Sudikerta mengingatkan  budaya beryadnya trsebut harus tetap dipelihata dan dipertahankan.
    Pihaknya juga mengungkapkan apresiasinya atas ritual yang dilaksanakan secara bersama-sama oleh warga  Desa Mawang, Ubud.
    Sementara Bendesa Adat Pekraman Mawang, Ubud  Wayan Tunas, menyambut baik  petunjuk yang diberikan oleh Wagub Sudikerta.
    Ia mengharapkan  masyarakatnya dapat meresapi yang telah disampaikan dan melaksanakannya. Terkait dengan  ritual  tersebut, telah dilakukan sejak  25 Oktober hingga 30 Oktober 2016.
    Puncak kegiatan ritual tersebut dipimpin (dipuput) Ida Pedanda Griya Wanasari dari Griya Kemenuh, Kabupaten gianyar. Kegiatan yang melibatkan seluruh warga masyarakat tersebut juga dihadiri  Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Gianyar Dewa Made Sunarta dan  Perwakilan Anggota DPRD Kabupaten Gianyar.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com