• UNY Juara “World Costum” Festival 2016 Filipina

    0

         Yogyakarta, jurnalsumatra.com – Tim Karnaval Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi Juara Umum World Costume Festival di Filipina setelah meraih juara pertama dalam dua kategori lomba yakni Booth Competition dan Costume Design Competition (20-26/10) di Filipina.
    “Jawara dari UNY memang terlihat sangat siap untuk perlombaan ini dan tidak bisa dipungkiri UNY benar-benar menjadi kompetitor yang sangat tangguh,” ujar Pendamping Kegiatan dari Tim Indonesia Novesar Jamaru dalam keterangan tertulis, di Yogyakarta, Senin.
    Menurut dia, keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan internasional sangat penting, hal itu terbukti dengan antusiasnya para peserta untuk mengikuti kegiatan itu.
    Ia mengatakan, World Costume Festival adalah ajang perlombaan tingkat dunia yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali, dimana even itu merupakan ajang yang sangat bergengsi dikalangan designer costum tingkat Internasional, dan World Costum Festival dikemas sempurna oleh Organization of International Scenographers, Theater Architects and Technicians (OISTAT).

         “Pada World Costum Festival 2016, selain kompetisi kostum, ada serangkaian kegiatan yang harus diikuti diantaranya, workshop, kompetisi akustik, ‘flight of sky lanterns’, ‘raniag electric float parade’, candle floater dan raniag street dancing,” ungkap Novesar Jamaru yang juga menjabat sebagai Rektor ISI Padang Panjang.
    Ia menjelaskan, ada dua kategori perlombaan dalam World Costume Festival yaitu Booth Competition dan Costume Design Competition, dan diikuti oleh berbagai negara diantaranya Filipina, Jepang, India, Mesir, Nigeria, Amerika Serikat dan Indonesia, sedangkan delegasi dari Indonesia adalah Tim Karnaval FT UNY dan Institut Seni Indonesia Padang Panjang.
    Sementara itu, Walikota Vigan City, Eva Marie S. Medina pada saat pertemuan dengan para wakil delegasi di City Hall, juga memberikan kredit dan sanjungan kepada Tim Karnaval FT UNY.
    “Karya-karya dari Tim Karnaval FT UNY sangat menginspirasi masyarakat Kota Vigan Filipina dalam pembuatan kostum seni pertunjukkan terutama semenjak kemenangan Tim Karnaval FT UNY sebagai Grand Champion World Costume Festival tahun 2013,” jelas Eva Marie.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com