• iklan 3


  • TNI-AD Lakukan Embarkasi Tank Leopard Ke Natuna    

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Batalyon Pembekalan Angkutan atau Yonbekang-4/Air TNI Angkatan Darat berencana melakukan embarkasi atau pemberangkatan tiga tank Leopard dan peralatan militer lainnya dengan menggunakan kapal ADRI untuk Latihan Antar-Kecabangan TNI AD 2016 di Perairan Natuna.
    “Kita melaksanakan kegiatan pemberangkatan kapal ADRI – L dari Jakarta ke Natuna dalam rangka latihan kecabangan angkatan darat 2016,” kata Komandan YonBekang-4/Air Letkol CBA Atjep Mihardja Soma di Pelabuhan Tanjung Periok, Jakarta, Jumat.
    Pemuatan tank Leopard ke kapal ADRI-L yang bertonase 1.200 DWT itu disaksikan oleh anggota satuan batalyon itu dan pihak Dinas Penerangan Angkatan Darat beserta awak media.
    Pemberangkatan tiga tank Leonard, astros serta 33 awak kapal akan dilakukan pada Minggu (23/10).
    Untuk pergeseran peralatan militer ke Perairan Natuna, Yonbekang-4/Air TNI Angkatan Darat menyiapkan lima kapal ADRI yakni ADRI-L, ADRI-XLIX, ADRI -XLVIII ADRI XLVII dan XLV ke Perairan Natuna.
    “Kalau dari batalyon kami menyiapkan lima kapal untuk transportasi. Setiap kapal anak buah kapalnya 33 orang,” ujarnya.
    Dari 19 tank Leopard yang dikirim ke Perairan Natuna, 16 tank Leopard telah berada di Perairan Natuna sementara sisa tiga tank akan diberangkatkan pada Minggu (23/10).
    “Latihan di Natuna ini untuk menggabungkan seluruh kecabangan yang dimiliki TNI AD dalam melaksanakan latihan, baik dari bantuan tempur dan bantuan administrasi militer,” ujarnya.
    Yonbekang-4/Air TNI Angkatan Darat mengirim 19 tank Leopard dari total lebih dari 100 tank Leopard dari semua batalyon AD yang mengikuti latihan di Perairan Natuna.
    “Sebagian Alutsista TNI AD diberangkatkan ke Natuna dari tiap tiap bagian hampir seluruhnya,” tuturnya.
    Dia mengatakan latihan kecabangan TNI AD itu adalah salah satu latihan terbesar angkatan darat yang dilakukan pada akhir tahun.
    “Di Natuna nanti akan dilakukan proses pembongkaran kembali alutsista-alutsista (alat utama sistem persenjataan) yang kami kirim, di sana (TNI AD) akan melaksanakan latihan kecabangan angkatan darat,” ucapnya.
    Yonbekang-4/Air memiliki 12 unit kapal ADRI, kemudian kapal motor cepat, “Rigib Infortable Boat”, “Landing Craft Rubber”, “Hover Craff”.
    Yonbekang-4/Air memiliki kemampuan melintasi laut untuk menjalankan fungsi pergeseran bekal, material dan personel ke seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan menggunakan Kapal ADRI.
    Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) yang akan melaksanakan Latihan Antar-Kecabangan (ANCAB) 2016 pada 10-17 November 2016.
    Yonbekang-4/Air merupakan satuan di bawah Direktorat Pembekalan Angkutan TNI AD yng berfungsi melaksanakan tugas baik yang di rawa, laut, sungai dan pantai.
    Tonase bobot mati (Deadweight tonnage/DWT) adalah jumlah bobot atau berat yang dapat ditampung oleh kapal untuk membuat kapal terbenam sampai batas yang diizinkan.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com