• Tagana NTT Tersebar Di 22 Kabupaten/Kota    

    0

    Kupang, jurnalsumatra.com – Taruna Siaga Bencana (Tagana) Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini telah menyebar di 22 Kabupaten/Kota di seluruh provinsi berbasis kepulauan itu, kata Kepala Dinas Sosial NTT Wilhelmus Foni, di Kupang, Selasa.
    “Tagana kita sudah menyebar di seluruh kabupaten/kota di NTT, hal ini bertujuan agar jika terjadi bencana alam maka anggota Tagana kita sudah langsung turun di lapangan karena memang berdekatan,” katanya kepada Antara saat ditemui di ruangannya di Kupang.
    Keberadaan anggota Tagana sendiri di setiap kabupaten  berhasil terbentuk kerena adanya niat dan kemauan dari masyarakat di setiap kabupaten.
    Tagana merupakan sukarelawan yang bekerja berdasarkan hati nurani dalam memberikan bantuan atau aksi sosial saat terjadinya bencana alam.
    Foni menambahkan keberadaan Tagana  yang merupakan relawan dari Kementerian Sosial khususnya di Dinas Sosial Provinsi dibentuk guna membantu masyarakat di wilayah bencana.
    “Kita selalu bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), SAR serta pihak-pihak terkait jika terjadi bencana,” tuturnya.
    Pada intinya Tagana yang sudah ada dan sudah dibentuk di semua Kabupaten di NTT itu, siap 24 jam jika diperlukan saat terjadinya bencana.
    Sarana prasarana seperti dapur umum, serta keterampilan anggota Tagana juga tidak kalah hebat dengan pihak-pihak yang menangani bencana alam lainnya.
    Foni mengatakan, dengan melihat topografi NTT yang terdiri dari pulau-pulau, penempatan Tagana di semua Kabupaten sangat diperlukan. Jumlah anggotanya berbeda-beda dilihat dari potensi bencana di setiap daerah.
    Dia mencontohkan misalnya, untuk Kabupaten Alor jumlah Tagana bisa mencapai 10 sampai 15 personel, karena memang potensi bencana di daerah itu sangat besar.
    Oleh karena itu Foni mengharapkan.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com