• Proyek Pembangunan Jalur Rel Ganda Purwokerto-Kroya Dikebut      

    0

    Banyumas, jurnalsumatra.com – Pengerjaan poyek pembangunan jalur rel ganda Purwokerto-Kroya, Jawa Tengah, yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dikebut.
    “Hal itu dilakukan agar hasil proyek sudah dapat diserahkan pada 2019,” kata Pengawas Kegiatan Pembangunan Jalur Ganda Cirebon-Kroya Yuni Iswanto di Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jumat.
    Ia mengatakan pekerjaan jalur ganda Purwokerto-Kroya saat ini berupa pembuatan tubuh ban atau perataan tanah yang nantinya untuk menempatkan jalur rel serta pembangunan jembatan di Sungai Tenggulun, Desa Notog, Kecamatan Patikraja, Banyumas.
    Secara keseluruhan, kata dia, pembuatan tubuh ban dari Purwokerto hingga Kroya sudah mencapai 60 persen.
    “Khusus petak Purwokerto-Notog, pembuatan tubuh ban sudah mencapai 80 persen,” katanya.
    Lebih lanjut, Yuni mengatakan beberapa petak jalur lama nantinya tidak akan digunakan untuk mengurangi jumlah lengkung atau jalur yang menikung.
    Dalam hal ini, jalur ganda dibuat lurus dengan cara memangkas bukit dan membuat dua terowongan baru sehingga jarak Purwokerto-Kroya menjadi lebih pendek dan waktu tempuhnya lebih cepat.
    “Jarak Purwokerto-Kroya pada jalur lama mencapai 36 kilometer, sedangkan pada jalur baru atau jalur ganda hanya 27 kilometer,” katanya.
    Terkait dua terowongan baru yang akan dibuat, dia mengatakan terowongan tersebut berlokasi di Notog dan Kebasen.
    Selain itu, kata dia, pada jalur rel ganda juga akan dibangun dua jembatan panjang di atas Sungai Serayu dan Sungai Logawa.
    “Dengan adanya dua terowongan dan dua jembatan baru baru itu, terowongan maupun jembatan yang lama tidak akan digunakan lagi,” katanya.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com