• iklan 3


  • Perpustakaan Daerah Solo Buka Sabtu Dan Minggu

    0

           Solo, jurnalsumatra.com – Tingkat kunjungan masyarakat ke perpustakaan daerah (Perpusda) di Solo  terus meningkat, hal ini terkait adanya penambahan jam operasional perpustakaan pada akhir pekan yaitu hari Sabtu dan Minggu.
    Berdasarkan data Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Surakarta, hingga akhir September tercatat sebanyak 15.800 orang telah mengunjungi lokasi edukasi tersebut.
    “Padahal sebelumnya kami hanya menargetkan kunjungan sebanyak 15.000 orang selama tahun ini,” kata Kepala Arpusda Pemkot Surakarta  Sis Ismiyati, di Solo, Jumat.
    Ia mengatakan, peningkatan jumlah pengunjung itu juga ditunjang oleh beroperasinya perpustakaan saat Sabtu dan Minggu. Selama akhir pekan, pengelola membuka layanan perpustakaan mulai pukul 08.00-16.00. Adapun saat hari biasa, pelayanan diberikan hingga pukul 21.00.

             “Ya jumlah pengunjung tahun ini jauh melampaui angka kunjungan tahun lalu, yakni 13.621 orang. Meskipun tahun lalu tingkat kunjungan juga melebihi target, yakni 12.000 pengunjung. Kami optimistis, hingga akhir 2015 jumlah pengunjung bisa mencapai 25.000 orang,” katanya.
    Ia mengatakan pelajar dan remaja, masih mendominasi pengunjung Arpusda. Menurutnya, mereka masih memerlukan bacaan lebih banyak dibanding pengunjung kategori lain, baik untuk kepentingan pribadi maupun pendidikan.
    “Ya kalau ibu rumah tangga, karyawan dan orang tua masih jarang. Mungkin masih banyak yang berpandangan jika membaca hanya wajib bagi anak sekolah. Sementara setelah lulus sekolah tidak perlu lagi membaca,” katanya.
    Sebagai salah satu upaya menggenjot kunjungan orang tua, karyawan dan ibu rumah tangga, pengelola Arpusda pun berencana menggelar pameran buku pada 24-29 Oktober 2016.
    Ia mengatakan pameran buku itu  mengusung tema Budayakan Literasi Guna Membangun Negeri, kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk membendung dampak negatif kemajuan teknologi yang dinilai berperan dalam mengurangi minat baca masyarakat.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com