• Pengamat: Pengusaha Harus Siap Laksanakan Kebijakan Ekonomi

    0

        Kupang, jurnalsumatra.com – Para pengusaha jasa kontruksi, ritel, dan lainnya di level nasional dan daerah sudah harus siap mental untuk melaksanakan paket kebijakan ekonomi, kata pengamat ekonomi Universitas Widya Mandira (Unwira) Kupang Dr Thomas Ola Langoday.
    “Sudah 99 persen peraturan terkait Paket Kebijakan Ekonomi I hingga XIII telah selesai dideregulasi dan disederhanakan oleh pemerintah, sehingga mau tidak mau pengusaha harus siap mental melaksanakan untuk mencapai apa yang ddinginkan pemerintah dari kebijakan-kebijakan itu,” katanya di Kupang, Rabu.
    Dekan Fakutas Ekonomi Unwira Kupang itu, mengatakan hal tersebut terkait dengan Paket Kebijakan Ekonomi I hingga XIII telah selesai dideregulasi dan disederhanakan.
    Total regulasi pokok yang dideregulasi pada paket kebijakan ekonomi I-XIII ada sebanyak 204 regulasi. Dari dari 204 regulasi pokok, sebanyak 202 atau 99 persen telah selesai dideregulasi dan disederhanakan.
    Selain regulasi pokok, juga terdapat regulasi turunan yang dideregulasi pada Paket Kebijakan Ekonomi Tahap I-XIII, yaitu sebanyak 26 regulasi.

        Artinya berbagai kemudahan untuk melaksanakan usaha dan investasi telah dilakukan pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sehingga tinggal diimplementasikan di lapangan.
    “Untuk implementasi, dibutuhkan mental pengusaha yang benar-benar siap, di antaranya memiliki etos kerja yang teruji sehingga sanggup melaksanakan berbagai kebijakan yang telah disederhanakan itu,” katanya.
    Sejak September 2015, pemerintah telah menerbitan paket kebijakan ekonomi jilid I hingga XIII berupa deregulasi peraturan untuk memperbaiki iklim investasi.
    Selain bertujuan memperbaiki iklim investasi, katanya, paket-paket kebijakan itu juga dimaksudkan untuk memperkuat daya saing dan mendorong kinerja perekonomian daerah hingga ke tingkat nasional.
    Paket-paket kebijakan itu, menurut Langoday, telah berdampak positif terutama terhadap perbaikan iklim investasi.
    Meskipun tidak secara signifikan nampak, katanya, ada banyak investor kecil, menengah, hingga besar telah dan akan menanamkan modalnya di daerah-daerah untuk kepentingan daya dorong perekonomian dan pemenuhan kebutuhan dasar warga di pedesaan.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com