• Pemkot Inventarisir Aset Terminal Tipe-A

    0

    terminal-karya-jayaPalembang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mulai mendata aset milik Pemkot yang berada di terminal Alang-Alang Lebar dan terminal Karyajaya. Hal ini menyusul akan diambil alihnya kedua Terminal Tipe A ini oleh pemerintah pusat pada  Januari tahun depan.

    Staff Ahli Walikota Bidang Ekonomi Pembangunan dan Investasi Setda Kota Palembang, Sudirman Tegoeh mengatakan sebelum diserahkan Pemkot Palembang akan melakukan pendataan dikedua terminal tersebut. Pasalnya sampai saat ini kedua Terminal tersebut juga belum memiliki sertifikat.

    “Makanya kita adakan rapat hari ini untuk menginventarisir. Aset milik Pemkot uang masih bisa di gunakan oleh Pemkot Palembang,” katanya usai Rapat pembahasan penyerahan operasional pengelolaan eks pelabuhan 35 Ilir dan penyerahan aset terminal tipe-A, di ruang rapat II Setda Palembang, Jumat (28/10).

    Ia menjelaskan selain menginventarisir aset, juga akan membuat sertifikat. Pasalnya pemerintah pusat baru akan menerima pengelolaan kedua Terminal tipe-A tersebut jika sudah memiliki sertifikat.

    Selain itu juga tujuan dari pendataan aset tersebut mengingat di kedua Terminal tersebut akan masih ada lahan milik Pemkot yang masih bisa dimanfaatkan. Seperti di terminal Alang-Alang Lebar, disana nanti akan di bangun workshop BRT atau bengkel terpadu Transmusi.

    Dimana dalam bengkel terpadu ini nanti, akan di lengkapi bukan hanya menjadi tempat parkir bus Transmusi. Melainkan juga akan dilengkapi dengan fasilitas perbengkelan dan perkantoran.

    “Sedangkan di terminal Karyajaya akan dibangun balai uji terpadu yang nantinya bakal menjadi percontohan se-Indonesia dengan menggunakan sistem online,” jelasnya.

    Sementara itu Kabid Transportasi dan Rel Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Agus Supriyanto mengatakan untuk kelancaran penyerahan operasional kedua Terminal Tipe-A tersebut, pihaknya akan melakukan pengukuran di kedua Terminal itu. Pemerintah pusat memperbehkan Pemkot Palembang yang akan mengambil aset milik mereka sebelum pemgelolaan kedua Terminal tersebut dikembalikan ke pusat.

    “Kita akan lakukan pengukuran dikedua terminal.itu siang ini. Mudah-mudahan besok sudah ada hasilnya. Jadi lahan mana yang akan di jadikan aset Pemkot dan masih bisa dimiliki pemkot itu akan dipisahkan,” tukasnya sembari mengatakan belum mengetahui estimasi nilai aset lahan pemkot yang ada di kedua Terminal tersebut. (eka)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com