• Musi Banyuasin Berdayakan Koperasi Bangun Ekonomi Daerah

    0

    Musi Banyuasin, Sumsel ,jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan berupaya memberdayakan koperasi guna membantu membangun perekonomian daerah untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat.

    Untuk memberdayakan koperasi, pemkab berupaya mensinergikan koperasi dengan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), kata Plt Sekretaris Daerah Musi Banyuasin Rusli, di Sekayu, Sabtu.

    Dia menjelaskan, keberadaan koperasi dan UMKM harus dapat mendorong dan memberikan sinergitas untuk membangun perekonomian kabupaten ini.

    “Keberadaan koperasi yang ada di Bumi Serasan Sekate ini terutama Koperasi Unit Desa (KUD) yang tersebar di 14 kecamatan, memiliki kemampuan dalam memberikan solusi atau menyelesaikan kendala dan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat,” ujarnya.

    Begitu juga dengan pelaku UMKM, keberadaanya dapat difungsikan untuk mengatasi gejolak harga kebutuhan pokok dengan penyesuaian kondisi yang terjadi di masyarakat.

    Koperasi dan UMKM dapat mengelola harga jual suatu produk tertentu, sehingga dapat memberikan solusi terhadap lonjakan harga seperti kebutuhan pokok atau sembako yang bisa berdampak pada menurunnya daya beli masyarakat, katanya.

    Menurut dia, KUD dan UMKM di kabupaten ini akan terus didorong membangun jaringan kerja sama usaha atau kemitraan yang lebih luas baik secara lokal, domestik maupun global antara koperasi dengan koperasi, UMKM dengan UMKM dan sebaliknya atau dengan badan usaha lainnya.

    Melalui berbagai upaya tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemanfaatan ekonomi anggota koperasi dengan pelaku UMKM atas dasar saling membutuhkan, saling menguntungkan, saling memperkuat dan membangun kebersamaan, kata Rusli.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com