• iklan 3


  • Jauhnya Jarak Dokter Enggan ke Puskesmas Pelosok

    0

    puskesmas-logo_thumb12Lahat, jurnalsumatra.com – Memang tidak bisa dipungkiri dalam memenuhi kebutuhan tenaga medis terutama sekali secara merata belum begitu dirasakan maksimal, sehingga dari segi penempatan belum mengembirakan, terbukti, ada enam puskesmas sama sekali tanpa dokter.

    Puskesmas yang tak pernah ada dokternya yakni, Palembaja SP 6, Kecamatan Lahat, Wanaraya Kecamatan Kikim, Tanjung Aur Kecamatan Kikim, Puskesmas GGB, Nanjungan serta Trans Senabing, Kecamatan Kota Lahat.

     “Hal tersebut, sampai saat ini belum ada solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis terutama sekali dokter masih kurang dan enggan ke-enam puskesmas yang dimaksud,” tegas Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Lahat, dr H Rasyidi Amri MT MKM, saat dibincangi wartawan, Selasa (25/10).

    Persoalan ini, sambung H Rasyidi, dengan alasan jarak tempuh cukup jauh untuk menuju puskesmas tersebut. Oleh karena itu, untuk memenuhinya tersebut jajaran Dinkes menempatkan bidan desa dalam memberikan pelayanan kesehatan secara prima kepada masyarakat.

     “Makanya, dokter dimaksud dialokasikan ke tempat lain yang memang sesuai kebutuhan, memang idealnya satu puskesmas dua dokter. Kedepan minimal enam dokter dibutuhkan,”jelasnya.

    Menurutnya, saat ini pihaknya dalam memenuhi kebutuhan akan tenaga medis dokter, diupayakan tahun depan meminta kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terhadap dokter PTT pusat maupun daerah.

     “Hal tersebut, untuk mengantisipasi belum ada, pelayanan tenaga medis yang ada seperti bidan. Usahakan tahun depan ke PP untuk dokter PTT pusat maupun daerah, sejauh ini tercatat 39 dokter dan 169 bidan,” tuturnya lagi.

    Sementara itu, salah satu masyarakat yang minta namanya tidak disebutkan menyayangkan tiadanya tenaga medis dokter di puskesmasnya, malahan banyak sekali bidan atau perawat.

     “Kami menginginkan dokter, kendatipun bidan desa selalu membantu masyarakat dalam memeriksakan kesehatannya, ini sangat disayangkan sekali kondisi seperti ini tidak ditanggapi serius,” ujar sumber. (Din)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com