• Gubernur Lantik Edward Sanger PLT Wako Pekanbaru

    0

         Pekanbaru, jurnalsumatra.com – Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman melantik Edward Sanger, yang kini menjabat Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat, menjadi Pelaksana Tugas Wali Kota Pekanbaru, menggantikan Firdaus-Ayat Cahyadi yang maju pada Pemilihan Kepala Daerah 2017.
    “Pelaksana tugas walikota Pekanbaru ditetapkan oleh surat Menteri Dalam Negeri No.kpts.131.14-9971 tanggal 24 Oktober 2016,” kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman pada pelantikan di Pekanbaru, Kamis.
    Menurut Andi, sapaan akrab gubernur, pelaksana tugas ditetapkan guna menghindari kekosongan pimpinan dan stagnasi penyelenggaraan kepemimpinan daerah Kota Pekanbaru selama masa Pilwako 2017.
    Ia menyebutkan ada lima tugas penting yang harus dilakukan oleh Plt walikota selama menjabat.
    “Pertama memimpin pelaksanaan pemerintahan daerah, memelihara ketertiban dan keamanan masyarakat, memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan walikota dan wakil serta menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara dan larangan penggunaan aset pemerintah dalam pemilihan serentak, mendatangani perda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2017 dan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru, kelima melakukan penggantian pejabat setelah mendapat persetujuan Mendagri,” terang Andi.
    Ditanya terkait jabatan ganda yang di embang Edward selaku kepala BPBD, Andi menegaskan tidak akan berpengaruh dan terganggu, karena bisa dibantu oleh pejabat eselon III setempat.
    “Kan masih di Pekanbaru,” tegasnya.

         Demikian juga saat ditanyai alasan pilihan Plt jatuh kepada Edward lagi-lagi Andi memuji kinerja kepala BMPD yang terkenal tangguh dan berhasil dalam menangani Kebakaran Lahan dan hutan (Karlahut) di Riau.
    “Banyak pertimbangannya yang jelas beliau orang Pekanbaru, mengetahui wilayah tersebut, dibidang organisasi pemerintahan sudah berpengaman dan komunikasi dengan masyarakat serta forkopimda berjalan dengan baik.
    Dijumpai pada tempat yang sama Plt Wali Kota Pekanbaru Edward Sanger mengatakan pada tahap awal kerjanya akan fokus mensukseskan pelaksanaan Pilwako 2017.
    “Yang jelas di depan kita ada pilkada kami sukseskan itu dulu, jaga netralitas ASN,” kata Edward Sanger.
    Ia menerangkan dalam menjaga netralitas ASN pihaknya akan memberikan arahan kepada ASN agar tidak berpihak kepada siapapun.
    “Ada aturan surat Mendagri jelas mengatakan siapa ASN yang terlibat Pilkada jelas sanksinya,” tegasnya lagi.
    Disisi lain Wali Kota Pekanbaru non aktif Firdaus, mengucapkankan selamat kepada Plt Edward Sanger.
    “Selamat bertugas,” katanya.
    Ia mengatakan saat ini kondisi Kota Pekanbaru juga sedang dalam kondisi yang baik dan kondusif.
    “Hubungan antara eksekutif, legislatif, juga antara Satuan Kerja Perangkat Daerah kondisinya baik, ” tambahnya.
    Pantauan antara dilapangan pelantikan Plt berlangsung aman tanpa pengaman khusus. Semua unsur Forkopimda, DPRD, Riau dan Pekanbaru turut hadir.
    Walikota dan wakil walikota Pekanbaru Firdaus dan Ayat Cahyadi hadir bersama.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com