• BMKG: Hindari Melaut Di Perairan Utara-Barat

    0

         Sabang, Aceh, jurnalsumatra.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengimbau kepada para nelayan Sabang dan sekitarnya agar menghindari melaut sementara waktu di perairan utara dan barat Aceh.
    “Cuaca buruk melanda perairan Sabang dan sekitarnya, untuk sementara waktu masyarakat nelayan lebih baik menghindari melaut di perairan utara dan barat Aceh,” kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kota Sabang Siswanto, di Sabang, Kamis.
    Dia menjelaskan, perairan utara yang dimaksud adalah perairan utara Aceh (perairan wilayah Sabang dan sekitarnya).
    “Perkiraan cuaca buruk akan berlangsung hingga hari Jumat (21/10) di perairan Sabang dan sekitarnya, jadi kepada pengguna jasa transportasi laut agar lebih berhati-hati ketika berlayar,” ujarnya pula.

         Lebih lanjut Siswanto menyebutkan, gelombang laut berpotensi tinggi di perairan Sabang-Banda Aceh antara 1,5 sampai 2,5 meter (moderate).
    Sedangkan gelombang laut yang berpotensi berbahaya berada di Laut Andaman dengan tinggi lebih dari 3 meter (rough). Laut Andaman sendiri jarak dari lepas pantai Sabang sekitar 30 mil.
    Siswanto menambahkan, berdasarkan peta prakiraan pola pergerakan angin pada tanggal 20 Oktober di wilayah Sabang dan sekitarnya, kecepatan angin mencapai 30 knot atau setara 60 km/jam.
    Adapun peta prakiraan pola pergerakan angin tanggal 21 Oktober, di wilayah Sabang dan sekitarnya kecepatan angin mencapai 35 knot atau setara 70 km/jam.
    “Jadi, kepada semua masyarakat nelayan dan pengguna jasa pelayaran diharapkan tetap waspada, dan jika cuaca tidak bersahabat lebih baik menunda sementara waktu aktivitas di laut,” ujar Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kota Sabang itu lagi.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com