• Blitar Dan Aceh Studi Banding Ke Gianyar

    0

         Gianyar, jurnalsumatra.com -  Pemerintah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, dan Aceh Barat, dalam waktu yang bersamaan studi banding ke Kabupaten Gianyar, Bali, menyangkut Pola  Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) di daerah itu.
    “PPK-BLUD Gianyar sejak diluncurkan pemerintah pusat tahun 2011, sejumlah daerah di Indonesia tertarik mengadakan studi banding ke daerah ini,” kata Kepala Rumah Sakit Umum Sanjiwani Kabupaten Gianyar dr Ida Komang Upeksa, Kamis.
    Ketika menerima dua rombongan yang mengadakan studi banding tersebut ia mengatakan, Kabupaten Gianyar memiliki 13 puskesmas, empat diantaranya  merupakan rawat inap dan sisanya rawat jalan dan  sebuah RSUD.
    Semua fasilitas kesehatan tersebut menerapkan BLUD sejak tahun 2011 lalu dan  diberikan keleluasaan mengelola sistem keuangan sendiri, ujar dr. Ida Komang Upeksa.
    PPK BLUD merupakan pola pengelolaan keuangan yang memberikan fleksibilitas berupa keleluasaan untuk menerapkan praktik-praktik bisnis yang sehat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan
    kehidupan bangsa.

         BLUD bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan masyarakat dan memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan.
    Bupati Blitar Drs. Rijanto, MM memimpin rombongan untuk mengadakan studi banding ke Gianyar mengatakan, pihaknya ingin  mendapatkan masukan tentang pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum  Daerah (BLUD), yang nantinya akan menjadi acuan  dalam menerapkan di daerahnya.
    Upaya tersebut untuk memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi dan produktivitas sehingga dapat meningkatkan pelayanan
    kesehatan kepada masyarakat.
    Dalam studi banding itu juga didampingi didampingi Sekda dan komisi IV DPRD yang membidangi masalah kesejahteraan sosial beserta seluruh kepala Puskesmas di Kabupaten Blitar yang kesemuanya berjumlah 63 orang.
    Sementara itu , Rombongan dari Dinas Kesehatan Aceh Barat yang berjumlah 12 orang dipimpin oleh dr Cut Briz Santi mengatakan, kunjungannya ke Gianyar untuk belajar bagaimana pelaksanaan, cara menilai maupun pengelolaan keuangan di masing-masing UPT Kesmas yang menerapkan BLUD.
    “Kami memilih Kabupaten Gianyar, karena kabupaten ini merupakan salah satu dari kabupaten di Indonesia yang menjadi rujukan BLUD,” ujar  Cut Briz Santi.
    Kedua anggota rombongan tersebut selanjutnya melihat dari dekat  sistem pelaksanaan BLUD di Puskesmas I Sukawati.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com