• BI Purwokerto Perkenalkan Transaksi Nontunai Kepada Santri

    0

         Purwokerto, jurnalsumatra.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Purwokerto memperkenalkan penggunaan transaksi nontunai kepada santri di lingkungan Lembaga Pendidikan dan Pondok Pesantren Miftahul Huda, Desa Pesawahan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
    “Dalam rangka ikut memeriahkan Hari Santri Nasional, kami (dari) Bank Indonesia Purwokerto sengaja memilih tempat ini, Pondok Pesantren Miftahul Huda, sebagai tempat pertama untuk Festival Sinona (Transaksi Nontunai),” kata Kepala KPw BI Purwokerto Ramdan Denny Prakoso di Desa Pesawahan, Kecamatan Rawalo, Banyumas, Senin.
    Denny mengatakan hal itu kepada wartawan usai Peluncuran Festival Transaksi Non-Tunai (Sinona) dan Penerapan Layanan Keuangan Digital (LKD) bagi santri di lingkungan Lembaga Pendidikan dan Pondok Pesantren Miftahul Huda yang dipusatkan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Miftahul Huda, Desa Pesawahan.
    Penerapan LKD itu ditandai dengan penyerahan secara simbolis kartu uang ektronik Brizzi berlogo pesantren dan dilengkapi dengan nama santri dari Pimpinan Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Ajibarang Rahadi Kristiyono kepada Bupati Banyumas Achmad Husein yang selanjutnya diserahkan kepada Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Huda K.H. Hanan Masykur.
    Lebih lanjut, Denny mengatakan penerapan transaksi nontunai di lingkungan pondok pesantren akan mempermudah pengasuh pesantren dalam mengelola uang kiriman dari orang tua santri.
    Dalam hal ini, kata dia, orang tua santri cukup mengirim uang ke rekening dan nantinya pengelola tidak akan kesulitan mengatur uang yang ditujukan untuk biaya pendidikan termasuk uang jajan santri.
    Menurut dua, hal itu disebabkan setiap santri akan menerima sebuah kartu yang berfungsi sebagai uang elektronik (e-money) sehingga pengasuh pesantren tidak lagi kesulitan mencari uang tunai.

         “Kartu tersebut bisa digunakan untuk jajan di kantin karena telah dipasang alat  EDC (Electronic Data Capture),” katanya.
    Lebih lanjut, dia mengatakan kartu uang elektronik bagi santri Pondok Pesantren Miftahul Huda disediakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Ajibarang serta dilengkapi logo sekolah dan nama santri.
    Ia mengharapkan LKD atau transaksi nontunai tersebut dapat diterapkan di pesantren-pesantren lain.
    “Kebetulan peluncuran ini juga dihadiri perwakilan dari 30 pondok pesantren,” katanya.
    Pimpinan Cabang BRI Ajibarang Rahadi Kristiyono mengatakan BRI telah memiliki teknologi untuk mengelola keuangan berupa “Cash Management System (CMS)”.
    Terkait hal itu, dia mengatakan Pondok Pesantren Miftahul Huda akan diberi perangkat yang terkoneksi langsung dengan BRI Pusat secara “real time” sehingga pengelola pesantren dapat mengakses setiap pengiriman uang dari orang tua santri.
    “Setiap orang tua santri yang mengirimkan uang akan mendapat kode unik sehingga uang tersebut dapat ketahui untuk siapa. Nanti, pesantren bisa mengatur besaran uang pendidikan, uang makan, dan uang jajan masing-masing santri,” katanya.
    Dengan adanya CMS, kata dia, pengelolaan keuangan untuk masing-masing santri dapat tercatat dengan baik.
    Sementara untuk uang jajan santri, lanjut dia, akan menggunakan kartu Brizzi yang merupakan uang elektronik yang telah disediakan BRI sehingga nantinya santri tidak akan menggunakan uang tunai.
    Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Huda K.H. Hanan Masykur menyambut baik adanya penerapan transaksi nontunai di pesantren itu.
    “Saat bertemu Kepala KPw BI Purwokerto, saya sampaikan kalau kami sudah kesulitan dalam mengatur keuangan santri. Apa yang saya sampaikan kepada Kepala KPw BI Purwokerto mendapat respons positif,” katanya.
    Hingga akhirnya, kata dia, Pondok Pesantren Miftahul Huda mendapat kesempatan untuk menerapkan transaksi nontunai.
    Sementara saat memberi sambutan, Bupati Banyumas Achmad Husein mengharapkan kegiatan transaksi nontunai semakin luas diterapkan di Kabupaten Banyumas.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com