• BI Bantu Kandang Ternak Sapi Di Buol      

    0

    Palu, jurnalsumatra.com – Program sosial dedikasi untuk negeri Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah menyerahkan bantuan pembangunan kandang sapi komunal di Kabupaten Buol.
    Kepala perwakilan BI Sulteng, Purjoko  dihubungi dari Palu, Jumat mengatakan bahwa pemberian bantuan itu tidak terlepas dari tugas Bank Indonesia dalam mengendalikan inflasi daerah.
    Menurut Purjoko, sumber inflasi di Sulteng, utamanya berasal dari kelompok bahan pangan, salah satunya yakni daging sapi. Sehingga bantuan yang diberikan oleh BI lebih difokuskan pada komoditas penyumbang inflasi, terutama dari sisi suplai.
    Kemudian, tujuan lain dari bantuan itu, untuk meningkatkan jumlah produksi ternak sapi, serta penggunaan pupuk organik dalam rangka mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Buol.
    żBantuan kami serahkan pada kelompok ternak lembu arter, di Desa Air Terang, Kecamatan Tiloan, Kabuapaten Buol, Rabu (19/10),ż kata Purjoko.
    Penyerahan bantuan itu kata Purjoko ikut disaksikan oleh Bupati Buol, dr. Amirudin Rauf, sekaligus melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan kandang. Total bantuan diserahkan sebesar Rp75 juta, untuk pembangunan kandang dengan daya tamping sebanyak 30 ekor sapi.
    żBI memberikan perhatian dalam pengembangan sapi, karena banyaknya ternak sapi yang belum dikandangkan atau masih berkeliaran di jalan,ż ungkapnya.
    Lebih lanjut kata Purjoko, beberapa kelebihan utama jika sapi diternakkan dalam kandang  yaitu sapi menjadi lebih cepat gemuk, pengawasan lebih mudah serta pengolahan kotoran dan urin sapi menjadi pupuk organik.
    żSeperti di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, sudah ada kelompok-kelompok yang secara khusus berkeliling untuk mengumpulkan urin sapi untuk diolah menjadi pupuk cair,ż Kata Purjoko memberikan contoh.
    Selain kandang komunal sapi di Desa Air Terang, BI Sulteng sebelumnya telah membantu pembangunan kandang komunal kambing di daerah Sausu, Kabupaten Parigi Moutong untuk pengembangan pupuk organik Tricoderma SP.
    Kebutuhan anggaran pembangunan kandang itu, berasal dari program sosial Bank Indonesia (PSBI), sementara lahan dan sebagian bahan bangunan berasal dari kelompok ternak Lembu Arter.
    żSemoga dengan bantuan yang telah disalurkan BI diberbagai daerah, dapat menjadi referensi pengembangan budidaya ternak sapi bagi kelompok tani yang lain,ż tutup Purjoko.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com