• Bank Sampah Seruyan Luncurkan Buku Tabungan

    0

        Kuala Pembuang, jurnalsumatra.com – Bank Sampah Budi Bersama di Kelurahan Kuala Pembuang I, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan meluncurkan buku tabungan bagi masyarakat yang ingin menjadi nasabah di bank sampah tersebut.
    Dengan diluncurkannya buku tabungan, bank sampah sudah bisa operasional dan sudah bisa menerima masyarakat yang ingin menjadi nasabah bank sampah, kata Direktur Bank Sampah Budi Bersama, Rachmat Fithra Hadi di Kuala Pembuang, Jumat.
    Hadi yang juga Sekretaris Lurah Kuala Pembuang I mengatakan, untuk menjadi nasabah bank sampah syaratnya cukup mudah, diawal pendaftaran warga cukup menyetorkan minimal satu kilogram sampah untuk mendapatkan buku tabungan.
    Setelah menjadi nasabah, warga dapat menyetorkan sampah dengan harga bervariasi sesuai jenis sampah, mulai sampah jenis kertas koran, kardus, botol plastik, kantong kresek, kaleng minuman hingga berbagai jenis logam seperti besi, tembaga dan aluminium.

         Selain mengantar sendiri ke bank sampah untuk mendapat harga lebih tinggi, nasabah juga bisa menggunakan layanan jemput sampah yang dilakukan oleh petugas bank sampah, namun harganya akan dikurangi untuk biaya operasional.
    żMinimal jumlah sampah yang bisa menggunakan layanan jemput sampah masih belum kita ditentukan, karena kita harus menghitung biaya operasional terlebih dahulu setiap kali harus melakukan jemput sampah ke tempat nasabah,ż katanya.
    Untuk mencairkan tabungan pada bank sampah yang rencananya akan diresmikan oleh Bupati Seruyan pada pertengahan November 2016 mendatang, nasabah paling tidak harus mempunyai saldo sebesar Rp60 ribu, dan nasabah bisa mencairkan Rp50 ribu atau dengan kelipatan Rp50 ribu serta harus menyisakan saldo tabungan minimal Rp10 ribu.
    Saat ini untuk menjadi nasabah, warga juga tidak harus mendaftar langsung ke pusat bank sampah di Kantor Kelurahan Kuala Pembuang I, tapi warga bisa mendaftar melalui perwakilan atau pengelola bank sampah yang sudah ditunjuk untuk melayani di tingkat RT.
    “Mudah-mudahan dengan diluncurkannya tabungan bank sampah ini dapat mendorong keterlibatan warga untuk mengurangi volume sampah di Seruyan, khususnya di Kuala Pembuang,” katanya.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com