• Badan Legislasi: Revisi Perda Dengarkan Aspirasi Masyarakat

    0

         Sampit, Kalteng, jurnalsumatra.com – Badan Legislasi DPRD Kabupaten Kotawaringun Timur, Kalimantan Tengah, menggemukakan penyelesaian polemik tarif parkir, termasuk keinginan merevisi peraturan daerah tentang perparkiran harus mendengarkan aspirasi masyarakat,
    “Kalaupun harus direvisi, perlu mendapat persetujuan masyarakat. Jangan sampai pemerintah bersemangat meningkatkan sektor pendapatan yang diambil dari kantong masyarakat, di saat pertumbuhan ekonomi melambat,” kata Ketua Badan Legislasi DPRD Kotawaringin Timur Dadang H. Syamsu di Sampit, Rabu.
    Bertahun-tahun, tarif parkir dikeluhkan masyarakat karena penerapannya tidak sesuai aturan. Pungutan liar terjadi karena juru parkir memungut melebihi tarif yang ditetapkan dalam Peraturan Daerah Nomor 20 tahun 2010 tentang Retribusi Parkir.
    Pantauan di lapangan, tarif parkir kendaraan roda dua dipungut Rp2.000 dan mobil Rp5.000 per unit, padahal seharusnya hanya Rp1.000 dan Rp3.000 per unit.
    Masyarakat kecewa karena Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kotawaringin Timur tidak mampu mengatasi pungutan liar itu.

          Menyikapi polemik itu, kata Dadang, Badan Legislasi akan mengkaji masalah tersebut. Pihaknya harus mencari akar permasalahan sebelum merespons wacana revisi peraturan daerah terkait dengan retribusi parkir.
    Badan legislasi bersama komisi dewan yang membidangi masalah itu akan mengundang Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika beserta instansi terkait.
    Pihaknya akan membahas polemik yang berkepanjangan tersebut agar bisa segera ditemukan penyelesaiannya.
    “Untuk menyikapi situasi saat ini, kami mengimbau masyarakat yang menggunakan jasa parkir itu hanya membayarkan sesuai retribusi. Kalau juru parkir meminta lebih, jangan dibayar. Kami akan melihat lebih dalam persoalan, mulai dari tarif hingga tata cara pengelolaan parkirnya,” kata Dadang.
    Politikus muda Partai Amanat Nasional itu, menilai saat ini belum perlu memanggil pengelola parkir.
    Pihaknya ingin meminta penjelasan pihak eksekutif yang bertanggung jawab mengatur pengelolaan parkir.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com