• 902 Nelayan Cilacap Peroleh Bantuan “Converter Kit”    

    0

    Cilacap, jurnalsumatra.com – Sebanyak 902 nelayan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, memperoleh bantuan “converter kit” untuk mengonversi elpiji menjadi bahan bakar mesin kapal.
    “Bantuan ‘converter kit’ ini ditujukan bagi nelayan kecil yang memiliki perahu dengan mesin gantaran atau mesin 4 tak,” kata Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Pengelola Kawasan Sumber Daya Segara Anakan (DKP2KSDSA) Cilacap Supriyanto didampingi Kepala Bidang Produksi Indarto di Cilacap, Senin.
    Menurut dia, pendistribusian “converter kit” dilakukan secara bertahap di sejumlah lokasi sejak tanggal 8 Oktober.
    Ia mengatakan 902 unit “converter kit” tersebut didistribusikan untuk nelayan di Kecamatan Kampung Laut, Patimuan, Kedungreja, Sidareja, Bantarsari, Cilacap Selatan, Cilacap Tengah, dan Cilacap Utara.
    Dalam hal ini, kata dia, penyerahan 336 unit “converter kit” dipusatkan di Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, dan sisanya di Desa Bulupayung, Kecamatan Patimuan.
    “Alat tersebut langsung dipasang di lokasi penyerahan. Jadi, nelayan datang dengan perahunya lalu mesinnya dilepas dan dipasang ‘converter kit’, mesin yang lama bisa dibawa pulang,” katanya.
    Ia mengatakan dalam satu hari rata-rata sebanyak 30 unit “converter kit” yang didistribusikan kepada nelayan.
    Terkait penyediaan elpiji untuk bahan bakar kapal nelayan, Kepala Bidang Produksi Indarto mengatakan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Pertamina sedang melakukan survei untuk menyiapkan lokasi pangkalan elpiji.
    “Nantinya akan ada beberapa pangkalan elpiji khusus untuk kapal nelayan yang mungkin melibatkan koperasi nelayan. Dengan demikian, tidak akan mengganggu pasokan elpiji untuk rumah tangga,” katanya.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com