• 40 ASN OKI Telah Ikuti Dilatpim Tingkat IV

    0

    unnamedKayuagung, jurnalsumatra.com – Badan Kepegawaian Diklat Daerah (BKD) Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel, mencatat ada sebanyak 40 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah rampung mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) tingkat IV di Teluk Gelam, Kabupaten OKI.

    Tujuan dari penyelenggaraan Diklatpim tingkat IV ini adalah membentuk kompetensi

    kepemimpinan operasional pada pejabat struktural eselon IV yang berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansi masing-masing.

    Sekretaris BKD OKI Ibnu Hajar menyatakan 40 orang yang mengikuti PIM IV telah selesai dilaksanakan karena sudah dimulai sejak April dan Agustus lalu.

    “Tujuan dari pelaksanaan PIM IV adalah untuk peningkatan kompetensi pegawai untuk menduduki jabatan eselon IV,” kata Hajar, Rabu (19/10).

    Menurut dia, pelaksanaan Diklat PIM tingkat IV ini tidak serta merta dilaksanakan tiap tahunnya. Karena melihat kebutuhan dan alokasi anggaran yang dimiliki.

    Dia menerangkan bagi aparatur negara yang ingin mengikuti Diklatpim IV harus memenuhi beberapa persyaratan yakni minimal pangkat IIIa dan menduduki posisi sebagai staf dan bersangkutan sudah menduduki jabatan eselon IV.

    “Kompetensi yang dibangun pada Diklatpim tingkat IV adalah kompetensi kepemimpinan operasional yaitu kemampuan membuat perencanaan kegiatan instansi dan memimpin keberhasilan implementasi pelaksanaan kegiatan yang diindikasikan dengan kemampuan dalam membangun karakter dan sikap perilaku integritas sesuai dengan peraturan perundang-undangan, membuat perencanaan pelaksanaan kegiatan instansi, melakukan kolaborasi secara internal dan eksternal dalam mengelola tugas-tugas organisasi ke arah efektivitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan dan lainnya.

    “Khusus untuk diklatpim III tidak dilaksanakan daerah, namun oleh badan diklat yang memiliki akreditasi dengan syarat minimal eselon IV dengan pangkat IIIc ke atas. Itu pun dilaksanakan di provinsi ataupun badan diklat yang memiliki akreditasi (LAN RI). Begitupun untuk diklat PIM II dan PIM I diatur oleh pusat,” jelasnya.(ata)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com