• KM Rahmat Karam Di HALSEL Puluhan Penumpang Selamat        

    0

    Ternate, jurnalsumatra.com – Kapal Motor (KM).  Rahmat Ilahi yang melayari rute pelayaran Bastiong, Ternate tujuan pelabuhan Kayoa Moari, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara , Jumat (23/9), karam di depan pulau Talimau dengan puluhan penumpang selamat.
    Peristiwa terjadi diduga kapal tersebut keluar jalur dan menabrak karang menyebabkan lambung kapal bocor sehingga penumpangn terpaksa dievakuasi.
    Kepala Seksi Operasional Badan SAR Nasional Malut, Junaidi ketika dihubungi, Sabtu, membenarkan karamnya KM. Rahmat Ilahi di pulau Talimau Jumat(23/9) siang sekitar pukul 14.00 wit, karena diduga keluar jalur dan menabrak karang.
    Junaidi mengemukakan, kapal mengalami kerusakan tepat di lambung membuat air laut masuk perlahan karam.
    Sedangkan, penumpang yang diketahui sebanyak 40 orang menyelamatkan diri dibantu masyarakat Pulau Talimau dan petugas di sekitar.
    “Beruntung, karamnya KM. Rahmat Ilahi tidak terlalu jauh dari desa Taliabu, sehingga seluruh penumpang bisa diselamatkan,” ujar Junaidi.
    Menurutnya, prioritas SAR adalah menyelamatkan penumpang, sehingga tak ada korban jiwa maupun luka. Saat ini tinggal kapal yang dievakuasi tapi bukan ranah SAR.
    Dia mengemukakan, seluruh penumpang telah diantar  masing-masing kerumahnya hingga Jumat(23/9) petang.
    Hanya saja belum belum diketahui jumlah kerugian pasti akibat peristiwa itu, bahkan banyak barang bawaan penumpang yang tak dapat terselamatkan dari musibah ini,.
    Salah seorang penumpang KM. Rahmat Ilahi, Saefa ketika dihubungi mengatakan, kapal yang ditumpanginya itu melayari Ternate hingga ke Pulau Moari.
    Saat itu, hendak bersandar di desa tersebut, tetapi menabrak karang dan kapal sempat oleng.
    Akibatnya banyak barang milik penumpang jatuh ke laut, baik bahan pokokmasyarakat hingga barang berharga lainnya.
    “Saya menampungi kapal naas tersebut dengan membawa belasan karung bahan pokok masyarakat untuk dijual di kampung, tetapi telah hilang di laut saat kapal itu karam dan oleng,” katanya.(anjas)

     

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com