• iklan 3


  • KEMENAG: Tidak Ada Haji Berangkat Lewat Malaysia

    0

    Batam, jurnalsumatra.com – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam Kepulauan Riau Zulkifli Aka yakin tidak ada calon haji kota itu yang berangkat menunaikan haji ke Tanah Suci melalui Singapura dan Malaysia karena biaya yang lebih ringan.
    “Tidak ada yang seperti itu,” kata Zulkifli Aka di Batam, Kamis.
    Menurut dia, daftar tunggu Malaysia jauh lebih panjang dari Indonesia. Daftar antre di Malaysia mencapai 60 tahun, sedangkan di Batam hanya 15 tahun sehingga tidak mungkin warga Indonesia yang memilih berangkat melalui Malaysia.
    Ia juga membantah jika ada warga Batam yang lebih memilih berangkat haji secara mandiri dengan cara “backpacking”, tanpa ikut program pemerintah.
    “Kalau ada yang model itu, mereka sembunyi-sembunyi. Jangan seperti itu, orang hendak ibadah,” kata dia.
    Begitu pula dengan ibadah umroh. Zulkifli yakin warga Batam menggunakan jasa travel dalam negeri, bukan menggunakan travel Negara Jiran, ataupun melakukan perjalanan secara mandiri.
    “Memang tidak dilarang, tapi biar aman pakai yang di sini,” kata dia.
    Menurut Zulkifli jaminan keamanan umroh dengan perusahaan travel dalam negeri relatif lebih aman ketimbang perusahaan luar. Apalagi, Kemenag sudah membentuk organisasi travel Umrah, agar lebih mudah dalam pengawasan.
    Sementara itu, daftar tunggu haji di kota itu sudah penuh hingga 2030. Artinya, bila calon haji mendaftar saat ini, maka harus menunggu 15 tahun lagi untuk bisa berangkat menunaikan ibadah haji.
    Data Sistem Komputerisasi Haji terpadu (Siskohat) mencatat, total calon jamaah haji Batam yang belum diberangkatkan mencapai 7.076 orang, padahal setiap tahun kuota haji hanya sekitar 450 orang.
    Menurut Zulkifli, panjangnya daftar tunggu haji Batam merupakan akibat pengurangan kuota haji Indonesia. Biasanya tiap tahun Batam memberangkatkan kurang lebih 450 calon haji, maka tahun ini hanya 412 calon haji. (anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com