• Gubernur Sumbar Ajukan Ranperda APBD-P

    0

         Padang, jurnalsumatra.com – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), melalui Sekretaris Daerah, Ali Asmar mengajukan Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD-Perubahan tahun anggaran 2016 kepada DPRD setempat.
    “Pengajuan Ranperda Perubahan APBD ini merupakan tindak lanjut dari keputusan bersama DPRD Sumbar terhadap perubahan APBD beberapa waktu lalu,” katanya di Padang, Selasa.
    Penyusunan ranperda yang diajukan ini, tambahnya dilatarbelakangi oleh beberapa hal, yakni perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum, diantaranya adalah kebijakan penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam tahun berjalan, adanya pengurangan atau pemotongan dana alokasi khusus fisik tahun 2016, dan penundaan penyaluran sebagian dana alokasi umum tahun 2016.
    Kemudian, ujarnya keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar unit organisasi, antar kegiatan kelompok maupun jenis belanja.
    Selain itu, memanfaatkan sisa tender serta hasil rasionalisasi kegiatan atau belanja pada setiap Satuan Kelompok Pekerja Daerah (SKPD) untuk dialokasikan kembali setelah kegiatan yang sangat mendesak.

         Latar belakang lainnya, adanya alokasi bantuan keuangan yang bersifat khusus dari pemerintah provinsi lain kepada Sumbar yaitu Jawa Barat dan Papua untuk melanjutkan pembangunan Masjid Raya Sumbar.
    “Alokasi anggaran untuk Masjid Raya tersebut dapat dikucurkan setelah Peraturan Daerah tentang APBD awal ditetapkan,” tambahnya.
    Kemudian, adanya program atau kegiatan baru yang prioritas dan belum terakomodir dalam Perda Nomor 10 tahun 2016 tentang APBD anggaran 2016.
    Sementara itu, sebelumnya DPRD Sumbar menetapkan (APBD-P) Sumbar tahun 2016 sebesarRp4,881 triliun, atau naik sebesarRp106 miliar dari APBD yang ditetapkan sebelumnya sebesarRp4,774 triliun.
    “Kami menyetujui APBD Perubahan 2016 yang diajukan Gubernur Sumbar pada 31 Agustus 2016, dan telah melalui proses pembahasan panjang,” kata Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim pada rapat paripurna penetapan dan pengesahan APBD-P Sumbar 2016.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com