• iklan 3


  • BNNP Bali Kampanyekan Program Antisipasi Narkoba      

    0

    Singaraja, jurnalsumatra.com – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali mengkampanyekan program antisipasi narkoba di seluruh pelosok Pulau Dewata mengantisipasi maraknya kasus penyalahgunaan obat terlarang itu yang semakin menghawatirkan.
    “Kami mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya narkoba yang semakin meresahkan,” kata Kepala BNNP Bali, Brigjen Pol Putu Gede Suastawa di Singaraja, Bali, Rabu.
    Ia mengatakan, banyak faktor yang memicu semakin meningkatnya jumlah pecandu narkoba, dimana semakin masik ke segala lini hingga ke pelosok desa. Bukan hanya di wilayah target seperti pusat pariwisata dan perkotaan.
    Ia menambahkan, proteksi diri masyarakat dinilai lemah dan  para guru di sekolah kurang mampu memberikan pemahaman mengenai antisipasi narkoba, para keluarga pun dinilai kurang intensif mengawasi anaknya agar bebas narkoba.
    BNN mencatat hingga September 2016 terjadi 610 kasus narkoba di Bali, dimana 480 kasus yang berhasil diungkap, 60 kasus masih dipenyidik dan sisanya sudah berobat ke BNN berdasarkan kesadaran sendiri.
    “Kenyataannya bahwa banyak pengguna berada pada umur 23 hingga 47 tahun tergolong di usia produktif dalam pekerjaan dan pendidikan,” katanya.
    Bahkan, banyak diantaranya merupakan anak anak sekolah dan golongan usia produktif lainnya. Hal ini memerlukan penanganan yang lebih intensif lagi.
    Dikatakan pula, BNNP kini memiliki kurikulum terintegrasi dimana antisipasi narkoba dimasukkan dalam pelajaran SMP seperti  agama, PKN, dan Bahasa Indonesia. Pada tingkat SMA biasanya dipelajaran muatan lokal sehingga ada pemahaman yang lebih bagus dari sekolah.
    “Anak-anak juga dapat terjun langsung ke BNN sehingga mereka dapat berkomunikasi langsung dengan para pecandu sehingga dapat memberikan pemahaman yang baik bahwa narkoba itu sangat merugikan untuk kesehatan,” paparnya.
    Di sisi lain, BNNP mengimbau para pecandu agar segera berobat selagi masih ada waktu. “Kami jamin rahasia akan terjamin dan dipastikan akan sembuh jika melakukan rehabilitasi dengan baik,” ungkapnya.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com