• BI Cirebon: Waspadai Penipuan Pelunasan Kredit

    0

        Cirebon, jurnalsumatra.com – Kepala kantor perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Jawa Barat, M. Abdul Majid Ikram mengatakan BI mengimbau masyarakat untuk mewaspadai dan berhati-hati terhadap penawaran dan ajakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab bermodus janji pelunasan kredit.
    “Kami mengimbau masyarakat untuk tidak mudah mempercayai adanya penawaran dan janaji pelunasan kredit dan ajakan tidak membayar hutang ke bank,” kata Majid di Cirebon, Kamis.
    Ia menuturkam pelaku beraksi dengan modus diantaranya, penawaran dari perusahaan atau lembaga yang menjanjikan pelunasan kredit dan ajakan untuk tidak membayar utang ke bank-bank, perusahaan pembiayaan maupun lembaga jasa keuangan lainnya.
    Modus selanjutnya perusahaan atau lembaga tersebut mencari korban yang terlibat kredit macet dan menjanjikan akan menyelesaikan utangnya.
    Lalu pelunasan utang tersebut dilakukan dengan jaminan Sertifikat Bank Indonesia (SBI) atau surat berharga lainnya yang salah satunya dikeluarkan BI.

        Agar utangnya dapat dilunasi, perusahaan atau lembaga tersebut meminta korban membayarkan sejumlah uang pendaftaran untuk menjadi anggota kelompok atau badan hukum tertentu.
    “Kemudian perusahaaan atau lembaga tersebut mengakui bahwa utang sudah dilunasi melalui pembayaran non tunai kepada BI, itu tidak benar dan merupakan tindak penipuan dan penyalahgunaan nama Bank Indonesia,” tuturnya.
    Ia menambahkan terkait SBI atau surat berharga lainnya yang diduga disebut-sebut dikeluarkan BI, ia memastikan semua itu palsu.
    Untuk itu BI tidak bertanggung jawab terhadap pihak-pihak yang dirugikan berkaitan hal tersebut dan dalam menghindari hal-hal yang tidak diinginkan BI membuka layanan keoada masyarakat.
    Dengan menghubungi Departemen Komunikasi BI di nomor telpon 021-131 dari Senin sampai dengan Jumat pada jam kerja, atau fax ke nomor 021-3864884.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com