• iklan 3


  • 301 personel amankan kirab api PON XIX

    0

    Bogor jurnalsumatra.com – Sebanyak 301 personel gabungan dari jajaran Polres Bogor Kabupaten, Jawa Barat, Satpol PP, DLLAJ dan TNI siap mengamankan kirab Api Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX yang dijadwalkan tiba hari ini di Cibinong, Selasa.

    “Total ada 301 personel gabungan yang diturunkan untuk mengawal pelaksanaan kirab Api PON hari ini,” kata Kasubag Humas Polres Bogor AKP Ita Puspita Lena.

    Ita menjelaskan, personel dikerahkan untuk mengawal pelaksanaan kirab Api PON XIX Jabar mulai dari pengaturan arus lalu lintas, dan pengamanan. Personel disebar ke 52 titik lokasi yang akan dilintasi api abadi PON.

    Menurut dia Api PON akan melintasi titi-titik mulai dari perbatasan Depok, menuju Cibinong City Mall (CCM), Lapangan Tegar Beriman (Kantor Bupati Bogor), PDAM Tirta Pakuan, perbatasan Kota dan Kabupaten Bogor.

    “Pengamanan dilanjut keesokan harinya, setelah api disemayamkan di Kota Bogor, akan dibawa ke Sukabumi dengan melintas wilayah-wilayah Ciawi, Caringin, Cijeruk, dan batas wilayah Sukabumi,” katanya.

    Diprediksi Api PON yang dibawa dari Kota Depok, akan memasuki Kabupaten Bogor pagi ini. Api akan dibawa oleh empat atlet legenda Bogor menuju Lapangan Tegar Beriman, yang akan diserahkan kepada Bupati Bogor.

    “Empat atlet legenda yakni Ruri Raung, Joko Suyono, Erwin Maspaitela, dan Didin Rusdiono,” kata Sekretaris Panitia Sub PB PON XIX dan Perpanas XV Jabar, Kabupaten Bogor, Yusuf Sadeli.

    Ia mengatakan, keempat atlet tersebut merupakan legenda yang dimiliki Kabupaten Bogor, karena berhasil menoreh prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

    Ruri Raung merupakan mantan atlet tenis meja, kini bekerja di PDAM Tirta Kahuripan, Joko Suyono adalah mantan atlet tinju pernah bertanding di Sea Games Singapura tahun 2012, yang kini bekerja di Dinas Bina Marga. Erwin Maspaitela atlet cabang atletik seorang pelari cepat, dan Didin Rusdiana mantan atlet nasional dayung Asean Games tahun 2008.

    “Mereka merupakan legenda atlet bagi Kabupaten Bogor, karena telah mampu meraih prestasi untuk bangsa, tidak hanya lokal, tapi juga nasional, hingga internasional, rata-rata mereka sudah bertanding di Asean Games dan SEA Games,” katanya.

    Kabupaten Bogor akan menjadi tua rumah tiga cabang olahraga yang dipertandingan dalam PON XIX Jabar yakni sepak bola, atletik dan drumband.

    Selanjutnya api abadi PON akan dibawa menuju Kota Bogor, diperkirakan api masuk sekitar pukul 15.30 WIB, untuk selanjutnya disemayamkan di Balai Kota selama semalam, sebelum melanjutkan perjalanannya ke Sukabumi.

    Pelepasan Api PON XIX Jawa Barat dimulai dari Kabupaten Indramayu, 5 September lalu. Kirap Api PON yang mencapai 1005,6 KM bisa masuk rekor Muri sebagaimana yang diharapkan oleh Gubernur Jabar.

    Kirab Api PON akan menyinggahi semua kabupaten/kota yang berada di Jawa Barat dan berjarak 1005,6 KM dari titik pemberangkatan sampai tujuan.

    Untuk cabang atletik akan diikuti 34 provinsi dengan jumlah atlet sebanyak 354 atlet. Drumband diikuti delapan provinsi dengan atlet berjumlah 136 orang. Dan sepak bola diikuti empat provinsi dengan jumlah 176 atlet.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com