• Pemkab Imbau Jaga Ketertiban Di Jalur TDS

    0

         Painan, Sumbar, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), mengimbau masyarakat khususnya yang tinggal di sepanjang jalur Tour de Singkarak (TdS) 2016 di kabupaten itu agar tidak melepaskan ternak dan menjaga ketertiban umum serta keamanan di jalan raya selama pelaksanaan “TdS” pada 10 Agustus 2016.
    “Kami minta masyarakat juga ikut berpartisipasi menyukseskan TdS 2016 yang akan diselenggarakan di kabupaten ini pada 10 Agustus 2016,” kata Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar di Painan, Selasa.
    Di Pesisir Selatan ada sebanyak tiga kecamatan yang akan dilewati para pebalap sepeda kelas dunia itu pada TdS 2016. Kecamatan tersebut adalah Koto XI Tarusan, Bayang dan IV Jurai.
    Bagi masyarakat di jalur tersebut pemkab juga meminta untuk merapikan pekarangan rumahnya masing-masing sebelum hari pelaksanaan. Bagi pekarangan yang masih semak supaya dapat dibersihkan, begitu juga dengan pagar agar dapat dirapikan.
    “Intinya, pada 10 Agustus nanti tidak ada ternak yang berkeliaran di sepanjang jalur TdS di kabupaten ini. Selain itu pekarangan rumah juga terlihat indah dan nyaman saat dilewati para pebalap sepeda dari berbagai negara asing itu nanti,” ujarnya.

         Kepala Dinas Pemuda Olahraga Seni Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pesisir Selatan, Gunawan mengemukakan TdS 2016 merupakan ivent internasional balap sepeda yang digelar setiap tahun disejumlah kabupaten dan kota di Sumbar, termasuk di kabupaten itu.
    Pada 2016 Pesisir Selatan mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah atau tempat “start” etape lima. Sesuai rencana, pelaksanaan start bagi seluruh pebalap TdS pada etape 5 akan dipusatkan di kawasan objek wisata Pantai Carocok Painan kabupaten setempat.
    Dipilih sebagai tempat start karena areal di lokasi tersebut luas dan terletak di pinggir pantai sehingga dapat diperkenalkan kepada para tamu yang datang dari berbagai negara.
    “Tujuan kami memilih lokasi start di Pantai Carocok Painan adalah untuk mempromosikan objek wisata yang indah ini ke mancanegara. Melalui pebalap TdS yang datang dari berbagai negara asing ini kita berharap mereka (pebalap dan tamu) dapat menyebar luaskan informasi tentang keindahan objek wisata unggulan daerah ini di negaranya masing-masing,” terangnya.
    Masuknya Pesisir Selatan sebagai salah satu daerah penyelenggara balap sepeda TdS merupakan peluang besar bagi daerah itu untuk mengembangkan potensi wisata dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan.
    Terkait persiapan, panitia daerah, khususnya di kabupaten itu sudah melakukan rapat koordinasi dengan berbagai unsur terkait, baik keamanan, lokasi tempat start, maupun jalur yang akan dilewati para pebalap nanti.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com