• BPBD Mukomuko Imbau Warga Waspadai Banjir

    0

    Mukomuko, jurnalsumatra.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengimbau warga terutama yang bermukim di bantaran sungai untuk mewaspadai datangnya banjir saat musim hujan sekarang ini.
    “Kami hanya bisa mengimbau warga agar waspada terhadap banjir yang berasal dari luapan Sungai Selagan dan Manjuto ” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Ahmad Hidayat Syah, di Mukomuko, Sabtu.
    Ia menyatakan, pihaknya tidak bisa memprediksi sampai berapa lama cuaca musim hujan akan berlangsung di daerah itu.
    Ia mengatakan, yang perlu dilakukan oleh warga saat datang banjir, yakni menyelamatkan anggota keluarga dan harta benda yang berharga.
    “Kalau bisa selamatkan harta benda sebelum datang banjir. Tetapi kalau tidak bisa, utamakan menyelematkan anggota keluarga masing-masing,” ujarnya.
    Ia yakin, warga masyarakat yang berada di wilayah yang rawan banjir sudah tahu apa yang semestinya meraka lakukan saat banjir.
    Selain itu, katanya, pihak selalu siap personel dan peralatan untuk membantu warga korban banjir di daerah itu, termasuk logistik berupa makanan siap saji.
    Ia menyebutkan, sebanyak enam desa di daerah itu yang rawan terendam banjir saat musim hujan sekarang ini,” yakni Desa Pondok Batu, Desa Arah Tiga, Desa Pulau Makmur, Desa Lubuk Pinang, Desa Sungai Gading, dan Desa Pondok Kopi.
    Sedangkan Desa Tanjung Alai yang selama ini rawan terhadap banjir, katanya, saat ini sudah dibangun pintu klep atau pintu air untuk mengatur keluar masuk air saat debit air sungai meningkat.
    Ia menjelaskan, enam desa ini rawan terhadap banjir karena berada di bantaran Sungai Malin Deman, Air Manjuto, dan Sungai Selagan.(anjas)

  • iklan 3




  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com